Telkomsel Penuhi Janji Pemerataan Akses Telekomunikasi di Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 15-09-2020 | 14:20 WIB
A-telkomselpret-01.jpg
Ilustrasi Telkomsel. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Layanan 4G akhirnya terwujud di Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Kute Siantan dengan memanfaatkan Backbone Palapa Ring Barat (PRB).

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengatakan, beroperasinya sinyal 4G di Kecamatan Jemaja dan Kute Siantan tak lepas dari upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah yang terus mendorong pemerintah pusat dan pihak operator (Telkomsel) untuk terus melakukan perluasan akses telekomunikasi.

"Kita mengapresiasi pihak Telkomsel, Telkom Group berkerjasama pihak penyedia infrastruktur telekomunikasi yaitu PT Moratelindo yang menghubungkan jaringan teristerial transmisi tower di Pulau Matak - gunung Teluk Bayur dan Pulau Jemaja-desa batu Berapit Pantai Padang Melang dengan jarak 70 KM dari Tarempa NOC Palapa Ring Barat," papar Haris, Selasa (15/9/2020).

Untuk itu Bupati mengucapkan terimakasih kepada Telkomsel yang terus bergerak maju meningkatkan layanannya sampai ke pelosok negeri kawasan perbatasan Negara Kepulauan Anambas.

Sehingga pulau Matak Kecamatan Palmatak, Kecamatan Kute Siantan, Kecamatan Jemaja-Kelurahan Letung bertambah lagi terhubung dengan sinyal 4G Telkomsel optik maupun wireless dalam pemanfaatan backbone Palapa Ring Barat

"Saat ini masyarakat di pulau tersebut sudah dapat merasakan layanan komunikasi yang lebih baik dengan koneksi internet cepat," ujarnya.

Lebih jauh Haris mengungkapkan, inilah yang di damba-dambakan oleh masyarakat, karena telekomunikasi sudah menjadi kebutuhan mendesak dan dianggap kebutuhan dasar yang berkelanjutan, bukan hanya di kota saja tapi di pulau-pulau seperti di daerah perbatasan juga membutuhkan koneksi layanan telekomunikasi yang memadai.

"Kami berharap telkom dan telkomsel terus bergerak melangkah maju untuk Indonesia untuk Anambas yang merupakan daerah kepulauan dan garda terdepan NKRI," jelasnya.

Haris juga menerangkan, saat ini Telkomsel tengah menghubungkan akses telekomunikasi dari Kecamatan Jemaja menuju Jemaja Timur.

"Ini juga komitmen provider atas permintaan Pemda untuk pemerataan akses telekomunikasi di Anambas. Kita cukup mengapresiasi dan harus berterimakasih kepada provider yang memperhatikan keberlangsungan pemerataan akses telekomunikasi," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kepulauan Anambas, Japrizal menyampaikan, saat ini masyarakat sudah merasakan kemajuan akses telekomunikasi di pulau terluar.

"Memang belum semua wilayah merasakan pemerataan akses telekomunikasi, namun perlahan pihak provider akan merealisasikan itu, sembari kita berupaya mendorong dan meminta perhatian dari Pemerintah Pusat dan Pihak Provider," ucapnya.

Sementara salah satu warga Pulau Jemaja, Gusdi mengaku cukup bersyukur akan kemajuan akses telekomunikasi tersebut. Pasalnya, selama ini masyarakat sangat berharap adanya peningkatan akses telekomunikasi di Pulau Jemaja.

"Ini juga salah satu infrastruktur untuk mendukung kemajuan sektor pariwisata Kepulauan Anambas. Mudah-mudahan akses ini bisa segera meluas," harapnya.

Editor: Dardani