Demo DPRD, HNSI Anambas Tolak Keberadaan Kapal Cantrang
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 03-09-2020 | 11:00 WIB
demo-hnsi12.jpg
Demo ratusan nelayan tolak kehadiran kapal cantrang. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Ratusan nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kepulauan Anambas demo di Depan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kamis (3/9/2020).

Sekretaris HNSI Kepulauan Anambas, Dedy Syahputra yang juga sebagai Kordinator Lapangan (Korlap) aksi tersebut menyampaikan bahwa nelayan mempertanyakan komitmen Pemda dan DPRD terkait keberadaan kapal cantrang.

"Keberadaan kapal cantrang ini sudah bertahun-tahun tak terselesaikan. Ini aksi ketiga kami dalam tiga tahun ini. Kami resah akan kehadiran kapal cantrang dan kapal mayang. Ini mengganggu pendapatan nelayan," ucap Dedy Syahputra dalam orasinya.

Para demonstran tersebut juga mempertanyakan terkait kinerja oleh Pemda dan DPRD yang sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Tetapi aksi nyata dari rapat koordinasi itu tidak ada di Anambas.

"Bahkan kapal cantrang, trawl dan mayang semakin banyak menangkap ikan di Perairan Anambas. Kami tidak mau menjadi penonton di Kepulauan Anambas ini, hak kami sudah dirampas orang lain," tegasnya.

Dedy menambahkan, apabila desakan nelayan tersebut tidak menuai hasil. Maka para demonstran akan tetap beraksi, dan bertindak sendiri. "Kalau tuntutan kami ini tidak diselesaikan dalam 1x24 jam, maka kami tetap beraksi," terangnya.

Sampai saat ini aksi demo HNSI masih berlanjut di Lapangan Sulaiman Abdullah Tarempa. Bupati, Wakil Bupati, DPRD dan Perwakilan OPD sudah berada di Lapangan untuk mendengar tuntutan HNSI tersebut. Dan dikawal oleh TNI/Polri.

Editor: Yudha