Tahun Terakhir Masa Pengerjaan, Progres Pembangunan Kantor OPD Anambas Baru 31 Persen
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 24-08-2020 | 17:21 WIB
isa-hendra.jpg
Plt Kadis PUPR Anambas, Isa Hendra. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Progres pematangan lahan (land clearing) dan pembangunan Kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kepulauan Anambas baru mencapai 31 persen. Padahal proyek tersebut sudah memasuki tahun kedua atau tahun terakhir.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kepulauan Anambas, Isa Hendra mengakui, jika progres pembangunan Kantor OPD saat ini sangat berat.

"Kontrak land clearing dan pembangunan Kantor OPD hanya dua tahun dan itu dimulai sejak 2019 lalu. Ini merupakan tahun terakhir, dan progres masih 31 persen," kata Isa Hendra, Senin (24/8/2020).

Isa Hendra mengakui, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan pihak kontraktor pelaksana agar menambah tenaga kerja. Tujuannya agar mempercepat progres pembangunan kantor OPD.

"Kita sudah meminta kontraktor untuk menambah pekerja. Namun kedatangan pekerja tersebut terkendala pada situasi saat ini yaitu pandemi Covid-19. Meski demikian, kita harus tetap optimis, kalau proyek tersebut selesai diakhir tahun," ucapnya.

Kalau tak selesai, kata Isa, akan dilakukan penambahan waktu (addendum kontrak) sembari berkonsultasi dengan pihak terkait, untuk mencari solusi. "Pandemi ini merupakan bencana non alam. Dan kita sama-sama merasakan kesulitan. Ini nanti menjadi dasar kami untuk mencari solusi penambahan waktu pekerjaan," terangnya.

Adapun pemenang tender land clearing dan pembangunan kantor OPD yaitu PT Rancang Bangun Mandiri dengan pagu anggaran Rp 26 miliar.

Editor: Gokli