2 Event Wisata Kepulauan Anambas Batal Digelar Akibat Pandemi Covid-19
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 15-07-2020 | 11:48 WIB
masykur-anambas-btd1.jpg
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kepulauan Anambas, Masykur. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Event wisata Festival Padang Melang dan Rally Sumatera Yacht tahun 2020 batal terlaksana di Kepulauan Anambas akibat pandemi Covid-19.

Padahal, perencanaan dua event wisata tersebut diprediksi lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kepulauan Anambas, Masykur mengakui, jadwal Rally Sumatera Yacht telah berlalu begitu juga dengan jadwal Festival Padang Melang yang rencananya dilaksanakan Juli 2020.

"Rally Sumatera Yacht yang dimulai dari Sabang rencananya berlayar mulai Juni, namun terkendala akibat covid-19. Sama halnya dengan Festival Padang Melang yang dijadwalkan Juli ini juga tidak dapat terlaksana," kata Masykur, Rabu (15/7/2020).

Masykur menerangkan, event tersebut merupakan ajang promosi Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Anambas. Namun pelaksanaannya tidak bisa dipaksakan sehingga harus menunggu tahun yang akan datang.

"Festival Padang Melang dan Rally Yacht sudah menjadi agenda tahunan Disparbud. Sehingga perencanaan dilakukan setiap tahun. Untuk tahun ini, kita tidak bisa berbuat banyak, karena situasi dan kondisi. Mudah-mudahan pandemi ini segera berlalu, agar tahun depan kita bisa melaksanakan event pariwisata ini," harapnya.

Masykur menceritakan, bahwa pihaknya mendapat tantangan dari Bupati terkait pelaksanaan Festival Padang Melang dilaksanakan Desember 2020.

"Pak Bupati sempat menawarkan pelaksanaan di Desember 2020, tetapi kita tidak bisa menjamin cuaca di bulan itu. Sehingga kita tidak berani menerima tawaran tersebut. Jadi kami memutuskan untuk Festival Padang Melang dilaksanakan ditahun yang akan datang saja," jelasnya.

Editor: Yudha