Tidak Kuorum, DPRD Anambas Lanjutkan Paripurna Penyampaian LKPJ
Oleh : Freddy
Kamis | 30-04-2020 | 13:28 WIB
hasnidar_anambas.jpg
Ketua DPRD Kepulauan Anambas, Hasnidar (kiri) (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - DPRD Kepulauan Anambas tetap melaksanakan Rapat Paripurna penyampaian LKPJ Bupati Kepulauan Anambas tahun anggaran 2019 dengan mengangkangi tata tertib. Pasalnya, jumlah kehadiran Anggota DPRD tidak kuorum.

Ketua DPRD Kepulauan Anambas, Hasnidar menyampaikan bahwa pihaknya tetap melanjutkan Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Kepulauan Anambas tahun anggaran 2019.

"Sesuai hasil kesepakatan unsur pimpinan dan perwakilan fraksi (keputusan bersama), maka rapat paripurna ini tetap dilanjutkan dengan kehadiran 10 orang dari 20 Anggota DPRD," kata Hasnidar, Kamis (30/4/2020) usai mencabut skors yang ketiga.

Hingga berita ini diturunkan, Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Kepulauan Anambas tahun anggaran 2019 tetap berlanjut dan saat ini Bupati Kepulauan Anambas masih membacakan nota LKPJ.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kepulauan Anambas skors Rapat Paripurna tentang penyampaian LKPJ Bupati Kepulauan Anambas tahun anggaran 2019. Pasalnya, kehadiran anggota DPRD belum memenuhi kuorum sesuai tatib.

"Hari ini kita akan melaksanakan Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati tahun anggaran 2019. Sesuai tatib yang telah menandatangani daftar hadir baru 8 dari 20 orang. Sehingga belum memenuhi kuorum, rapat ini diskors 10 menit," kata Hasnidar, Ketua DPRD Kepulauan Anambas sambil mengetuk palu, Kamis (30/4/2020).

Pada skors yang pertama itu, 2 Anggota DPRD kemudian memasuki ruang rapat Sekretariat DPRD. Maka jumlah Anggota DPRD yang hadir baru 10 orang. Sementara yang dibutuhkan untuk rapat paripurna kali ini yaitu 50+1 atau minimal 11 orang.

"Skors pertama saya cabut, namun belum memenuhi kuorum juga. Maka kami putuskan untuk skors yang kedua dengan jeda 10 menit," kata Hasnidar.

Meski sudah dua kali melakukan skors, kehadiran Anggota DPRD belum bertambah. Sehingga dilanjutkan dengan skors yang ketiga dan dilanjutkan dengan rapat internal antara unsur pimpinan dan perwakilan fraksi.

"Skors yang kedua belum memenuhi kuorum juga. Maka saya cabut dan dilanjutkan dengan skors yang ketiga dengan jeda 5 menit. Dan saya meminta kita harus melakukan rapat internal, apakah rapat ini kita lanjutkan atau gimana," ucapnya seraya unsur Pimpinan Meninggalkan tempat duduknya sembari memasuki ruang VIP bersama perwakilan fraksi.

Editor: Surya