Fadhil Hassan: Kebutuhan Dasar yang Terlupakan

Pembangunan Depo BBM di Anambas Tak Masuk dalam Gerbangdutas 2020
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 16-03-2020 | 16:52 WIB
Depo-BBM-Anambas-BTD.jpg
Pencanangan Gerbangdutas 2020 di Kepulauan Anambas ditandai dengan pemukulan bedug dan penandatanganan prasasti. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pembangunan Depo BBM di Kepulauan Anambas tidak termasuk dalam Gerbangdutas 2020.

Hal tersebut diketahui merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Pasalnya, sebagian besar profesi masyarakat Anambas merupakan nelayan.

"Ini yang sangat disayangkan, ada kebutuhan dasar masyarakat yang terlupakan yaitu tidak adanya pembangunan Depo BBM di Anambas pada Gerbangdutas 2020 ini. Padahal, kita sangat berharap ada pembangunan Depo BBM," kata salah satu tokoh masyarakat Kepulauan Anambas, Fadhil Hasan, Senin (16/3/2020) disela-sela Pencanangan Gerbangdutas 2020 Kepulauan Anambas.

Fadhil menguraikan, pada saat musim cuaca ekstrem, Kepulauan Anambas kerap mengalami kelangkaan BBM. Karena, Anambas masih bergantung ke Kabupaten Induk yaitu Natuna.

"Kita masih mengambil pasokan BBM dari Natuna. Ketika cuaca teduh, semua aman. Namun kalau cuaca buruk, kita selalu mengalami kelangkaan BBM. Solusinya hanya pembangunan Depo BBM di Anambas. Apalagi nelayan butuh kepastian ketersediaan solar untuk melaut," jelasnya.

Ketika dikonfirmasi, Deputi IV Menkopolhukam RI, Mayjend Rudianto mengakui kalau pembangunan Depo BBM tidak termasuk pada Program Gerbangdutas 2020 Kepulauan Anambas.

Namun dia berjanji membantu Pemerintah Daerah, agar pembangunan Depo BBM segera terwujud. Dengan syarat memenuhi proposal pembangunan.

"Saya siap membantu Pemda untuk mendapatkan program itu. Pak Bupati, libatkan kami agar pembangunan Depo BBM segera terwujud," jelasnya.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris yang mendengar ucapan Deputi IV, sontak mengakui kalau Pemkab Anambas telah mengusulkan pembangunan Depo BBM sejak 2016 lalu. Namun belum terealisasi hingga saat ini.

"Kendalanya ada ada Pertamina Pak. Kami sudah mengusulkan pembangunan Depo BBM, tetapi hitungan bisnis Pertamina tak masuk. Sehingga belum terwujud sampai saat ini," jelasnya.

Editor: Gokli