Dinas PUPR Anambas Distribusikan Air Bersih di Kecamatan Siantan
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 18-09-2019 | 13:52 WIB
distribusi-air.jpg
Warga Kecamatan Siantan saat menerima distribusi air bersih dari Dinas PUPR. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas mendistribusikan air bersih sebanyak 13 ton setiap hari di wilayah Kecamatan Siantan. Ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi kekurangan air bersih di tengah masyarakat.

"Selama mesin Sarana Prasarana Air Minum (SPAM) rusak, kita berinisiatif untuk mendistribusikan dengan menggunakan mobil agar masyarakat tetap mendapat air bersih. Memang tidak melimpah, tetapi cukup untuk keperluan sehari-hari," kata Pelaksana Tugas (Plt) DPUPR Kabupaten Kepulauan Anambas, Khairul Anwar, Rabu (18/9/2019).

Khairul menguraikan, untuk wilayah Kelurahan Tarempa, Tarempa Barat dan Tanjung Lambai terdapat belasan titik untuk mengumpul air. Dan itu disediakan langsung oleh DPUPR.


"Ada sekitar 11 titik yang kita tempatkan tangki penampung air. Dan itu yang setiap hari kita isi," jelasnya.

Khairul menyinggung, saat ini pihaknya masih menunggu APBD-Perubahan selesai di evaluasi di Tingkat Provinsi Kepri. "Ada anggaran sekitar Rp 120 juta untuk memperbaiki mesin SPAM pada APBD-Perubahan. Makanya kita menunggu ini selesai di evaluasi, agar bisa langsung dilakukan pembelian alat. Dan air sudah bisa didistribusikan melalui pipa SPAM," terangnya.

Editor: Gokli