Anambas Dapat Kuota Listrik 15 MW dari Menteri ESDM
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 22-07-2019 | 15:52 WIB
listrik-anambas-nego.jpg
Bupati Anambas, Abdul Haris saat menemui Wamen ESDM, Archandra Tahar di Jakarta. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris menemui Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Arcandra Tahar, untuk membicarakan bantuan pasokan listrik. Alhasil, Kabupaten Anambas mendapat kuota sebesar 15 mega watt (MW) pada tahun 2020 mendatang.

"Sebelumnya ini merupakan hasil komunikasi Bu Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti kepada Menteri ESDM. Dan langsung mendapat respon dari Wamen ESDM," ujar Abdul Haris, Senin (22/7/2019).

Haris menyampaikan, hasil pertemuan dengan Wamen ESDM yaitu kepastian pasokan listrik untuk Anambas tahun 2020 mendatang. Menurutnya, itu bertujuan untuk mendukung Anambas dalam mengembangkan industri.

"Selain itu, ini akan mendukung penerangan di Bandara dan menyalurkan listrik ke desa-desa yang belum mendapat aliran listrik. Untuk kuota yang dijamin oleh Wamen yaitu sebesar 15 MW yang terdiri dari 5 MW di Pulau Siantan, 5 MW di Pulau Matak dan 5 MW di Pulau Jemaja," terangnya.

Haris juga menyinggung, selain membahas listrik, pihaknya juga membahas tentang depo bahan bakar minyak (BBM) untuk Anambas yang selama ini masih berbagi dengan Kabupaten Natuna.

"Kita sampaikan juga kalau Anambas sering mengalami kelangkaan BBM ketika musim cuaca tertentu yang tak dapat dilalui kapal. Maka ada solusi untuk mendirikan depo BBM apung dari menteri," jelasnya seraya mengakui pertemuan tersebut turut didampingi oleh Dirjen Pulau-pulau Kecil dan Pesisir Kementerian Kelautan dan Perikanan Brahmantya Satyamurti Poerwadi dan General Manajer PT PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Irwansyah.

Editor: Gokli