32 Anggota Paskibra Kabupaten Anambas Ikuti Diklat di Desa Bahagia
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 22-07-2019 | 12:52 WIB
diklat-paskibra-anambas.png
Upacara pembukaan Diklat Paskibra dipimpin Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sebanyak 32 putra-putri Kabupaten Kepulauan Anambas akan mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) di Desa Bahagia selama 30 hari. Ini untuk mempersiapkan mental dan fisik dalam mengibarkan Bendera Merah Putih pada perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

"Ke-32 putra-putri ini merupakan pilihan yang sebelumnya lolos seleksi pada bulan Maret hingga April lalu. Ini terdiri dari 13 orang perwakilan Kecamatan Siantan, 2 orang dari Jemaja, 2 dari Jemaja Timur, 8 orang dari Palmatak, 4 dari Siantan Tengah, 1 dari Siantan Selatan, serta 2 Siantan Timur. Dan meliputi 20 putra, 12 putri," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Anambas, Asiah dalam laporannya, Senin (22/7/2019).

Asiah juga menyinggung, sepasang putra-putri Anambas lolos untuk Paskibraka tingkat provinsi. "Sebelumnya kita diminta mengirim 4 putra-putri untuk seleksi di tingkat provinsi, dan setelah proses hanya 2 yang lolos dan akan mengikuti Diklat. Sedangkan 2 lagi otomatis masuk ke Paskibraka tingkat kabupaten," urainya.

Sementara, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, saat membuka Diklat Paskibraka di Desa Bahagia mengimbau para peserta mempersiapkan mental. Pasalnya peserta Paskibraka dipercayakan dalam mengemban tugas berat pada saat HUT Kemerdekaan RI ke-74.

"Selain pembinaan fisik dan mental, peserta Diklat Paskibraka harus tetap mempersiapkan diri dari segi semangat. Karena kalian mengemban tanggungjawab besar dalam HUT RI ke-74," tegasnya.

Wan berharap kepada putra-putri yang terpilih menjadi pelopor bagi generasi selanjutnya. "Tidak hanya mewakili kecamatan, tetapi kalian harus bisa menjadi contoh dan panutan bagi generasi selanjutnya. Maka kalian harus menjiwai dan harus diiringi dengan semangat juang yang tinggi dalam menjalani Diklat ini," jelasnya.

Editor: Gokli