HUT Bhayangkara ke-73, Polres Anambas Fokus Peningkatan Pelayanan
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 01-07-2019 | 16:40 WIB
kapolres-anambas1.jpg
Kapolres Anambas, AKBP Junoto. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara 73, Kepolisian Resort (Polres) Anambas ingin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan mengaktifkan pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

"Fokusnya tahun ini mencoba meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya peningkatan pelayanan dari pembuatan SIM, pengurasan STNK, dan SKCK Online," ujar Kapolres Anambas, AKBP Junoto, Senin (1/7/2019).

Junoto mengakui bahwa mesin cetak STNK dan pembuatan SIM sudah berada di Mapolres Anambas. Namun yang menjadi kendala yaitu Sumber Daya Manusia (SDM).

"Alat sudah ada, tetapi kita masih kekurangan SDM. Mungkin tahap awal, SDM ini yang perlu kita lengkapi," terangnya.

Terkait status Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), pihak Kepolisian telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Untuk peningkatan Samsat, kita sudah satu tujuan dengan Pemda. Yang kita tunggu itu pemisahan aset dari Natuna dan petunjuk dari Pemprov Kepri. Karena status Samsat Anambas masih menginduk ke Kabupaten Natuna," jelasnya.

Sementara, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Anambas, Azwandi mengakui bahwa pihaknya telah menyurati Pemprov Kepri terkait peningkatan status Samsat Anambas.

"Kita sudah surati Pemprov Kepri untuk meningkatkan status Samsat Anambas. Bahkan Pemprov telah menjawab akan melakukan survei, tetapi tak kunjung datang melakukan survei. Mungkin ke depan kita akan menyurati kembali," jelasnya.

Azwandi mengakui, bahwa pajak motor di Anambas bisa dijadikan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD). Mengingat jumlah kendaraan roda dua di Anambas kian hari kian bertambah.

"Kalau dilihat, jumlah kendaraan setiap hari bertambah. Untuk itu kita ingin ada Samsat di Anambas, agar pajak kendaraan murni masuk ke kas daerah. Karena selama ini kita madih berbagi," tegasnya.

Editor: Yudha