Upacara Hari Jadi ke-11, Haris Ajak Seluruh Elemen Berpartisipasi Membangun Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 24-06-2019 | 09:52 WIB
upacara-anambas2.jpg
Upacara Hari Jadi Anambas. (Fredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar upacara dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Anambas ke-11 di Lapangan Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Senin (24/6/2019).

Bupati Anambas, Abdul Haris yang memimpin upacara tersebut menyampaikan bahwa Anambas masih memiliki banyak kekurangan.

"Anambas sudah berdiri 11 tahun sesuai Undang-undang nomor 33 tahun 2018. Kalau dilihat ke belakang, memang sudah banyak yang berubah ke hal yang lebih baik, namun kalau dilihat ke depan, Anambas belum maju dan masih banyak kekurangan," ujar Abdul Haris.

Abdul Haris menambahkan, kalau untuk membangun Anambas butuh proses dan waktu. Hal tersebut didasarkan letak geografis yang terdiri dari pulau-pulau. Namun menurutnya hal tersebut bukanlah sebagai halangan, tetapi harus dijadikan sebagai pemicu menambah semangat membangun Anambas lebih baik.

"Untuk membangun Anambas dengan cepat itu tidaklah mungkin. Tetapi butuh waktu dan proses. Di samping itu, harus ada juga tekad dan semangat untuk membangun. Kami harap kita lebih bersinergi untuk mencapai tujuan itu," katanya.

Haris menegaskan, langkah awal yang harus dimaksimalkan yaitu pembangunan potensi sektor pariwisata. Pasalnya, hal tersebut merupakan modal utama dalam memajukan dan memperbaiki perekonomian masyarakat.

"Kami juga bertekad membangun potensi Anambas, salah satunya sektor pariwisata. Udah optimal? Belum, karena masih banyak yang kita butuhkan," jelasnya.

Selain itu, Bupati juga mengaku pihaknya belum mampu menanggulangi angka kemiskinan dan pengangguran. "Sejauh ini, dua sektor ini semakin meningkat. Kami harap seluruh OPD mempunyai solusi untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran," tegasnya.

Haris menyampaikan, 11 tahun Anambas mekar semoga dimanfaatkan sebagai wadah untuk bersinergi dalam membangun Anambas yang lebih baik.

"Pola pikir yang harus ditanamkan yaitu, kita harus membangun Anambas lebih baik lagi. Saya tak ingin menyampaikan apa-apa saja yang sudah dibangun, biarlah masyarakat yang merasakan manfaat itu memberikan penilaian," tutupnya.

Upacara Memperingati Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Anambas ke-11 tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati, Sekda, Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD, Kepala OPD, ASN dan PTT, unsur TNI/Polri, tokoh masyarakat, pejuang pemekaran Anambas dan unsur vertikal.

Editor: Chandra