Kelompok Tani Kabupaten Anambas Dapat Bantuan 25 Ribu Bibit Buah Pala
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 13-05-2019 | 14:52 WIB
perkebunan-pala-anambas1.jpg
Petani buah pala di Kabupaten Anambas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DPPP) Kabupaten Kepulauan Anambas bantu 8 (delapan) kelompok tani untuk mengembangkan penanaman buah pala. Pasalnya, permintaan akan minyak pala semakin tinggi baik di tingkat lokal maupun nasional.

"Tahun ini kita ada pengadaan 25 ribu bibit pala untuk lahan seluas 190 hektar yang terdiri dari 8 kelompok tani. Tujuan utama yaitu untuk mengembangkan produksi pala dan meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar Kepala DPPP Anambas, Effi Sjuhairi, Senin (13/5/2019).

Effi menguraikan, 8 kelompok tani tersebut tersebar di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Siantan, Siantan Timur dan Siantan Selatan. Menurutnya, saat ini masyarakat tengah giat dalam mengembangkan produksi pala.

"Perawatan pala sangat mudah, dalam jangka waktu 3-4 tahun sudah produksi, dan selalu berbuah. Dan di Desa Tiangau, Kecamatan Siantan Selatan sudah ada mesin pengolah pala. Dan perlu diketahui, setiap buah memiliki harga, baik itu fuli, biji dan kulit," terang Effi.

Effi menyinggung, UPT Balai Benih Pertanian Kepri dan Kabupaten Bintan telah memesan bibit pala dari Anambas. Dan bibit pala Anambas merupakan paritas yang unggul dan telah memiliki sertifikat.

"Dari 514 Kabupaten di Indonesia, baru 5 kabupaten yang mendapat sertifikat termasuk Anambas. Oleh karenanya sudah mulai banyak yang melirik pala Anambas," jelasnya.

Editor: Yudha