Keterbatasan Akses Telekomunikasi Hambat Perkembangan Sektor Pariwisata Anambas
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 01-04-2019 | 16:16 WIB
wisata-anambas1.jpg
Salah satu objek wisat pantai di Kabupaten Anambas. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bandwidth Palapa Ring Barat (PRB) di Kabupaten Kepulauan Anambas belum dapat dinikmati masyarakat luas. Pasalnya, belum semua provider penyedia telekomunikasi belum membuka akses di Kecamatan Palmatak dan Jemaja.

"Di Jemaja jaringan internet sangat susah. Kapasitas internet yang disediakan provider tak mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat Jemaja," kata Rama salah satu warga Jemaja, Senin (1/4/2019).

Sementara salah satu pendamping touris yang berkunjung di Jemaja, Gusdi mengakui salah satu keluhan touris mancanegara yang berkunjung ke Jemaja yakni keterbatasan jaringan internet.

"Ini yang perlu didorong, karena internet merupakan salah satu pendukung untuk mengembangkan sektor pariwisata. Banyak touris luar negeri yang berkunjung ke sini, mereka mempertanyakan jaringan internet," terangnya.

Gusdi berharap agar akses telekomunikasi di Jemaja semakin ditingkatkan karena dapat mempengaruhi pengunjung.

"Saya yakin, kalau internet lancar, banyak touris yang berkunjung ke sini," kata Gusdi dengan optimis.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, Japrizal mengakui, bandwidth Palapa Ring Barat belum dimanfaatkan maksimal oleh provider.

"PRB sudah beroperasi, cuma belum dimanfaatkan secara maksimal. Kalau Telkom sudah mulai memasang indihome di Tarempa. Mungkin secara perlahan merambah desa dan kecamatan lain. Kami juga intens berkoordinasi dengan provider lain agar memanfaatkan PRB ini," jelasnya.

Editor: Yudha