Seluruh Pegawai Pemkab Anambas Jalani Tes Urin
Oleh : Alfredy Silalahi
Kamis | 01-11-2018 | 14:40 WIB
tes-urine-anambas1.jpg
Sejumlah pegawai Pemkab Anambas mendaftar untuk tes urin. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepri melaksanakan tes urin seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Anambas, Kamis (1/11/2018) guna mencegah peredaran dan penggunaan narkotika.

"Hari ini kita melakukan tes urin bagi pegawai baik PTT maupun PNS. Kita berupaya pengguna narkotika di Anambas harus nol, dan kita tingkatkan lagi pelaksanaan tes urin ini. Kita akan gelar tes urin sekali tiga bulan," ujar Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris disela-sela penandatanganan nota kesepahaman antara BNN Provinsi Kepri dan Pemkab Anambas, Kamis (1/11/2018) di Balai Pertemuan Masyarakat Siatan (BPMS).

Sementara, Kepala BNN Provinsi Kepri Brigjenpol Richard Nainggolan mengatakan, pada pemeriksaan tes urin kali ini mengambil sampel dari 100 pegawai. "Sejauh ini belum ada yang positif. Ini sifatnya sebagai pencegahan saja," ucapnya.

Richard mengakui, masyarakat yang sudah kecanduan menggunakan narkotika bisa tak masuk bui. Apabila yang bersangkutan mendaftar ke Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) untuk tahap rehabilitasi.

"Ketika seseorang melapor ke IPWL, yang bersangkutan kita rehabilitasi dan tidak akan masuk bui. Dan semua biaya rehabilitasi ditanggung IPWL," ujarnya.

Dia juga menyinggung, dari letak geografis, Anambas berpotensi sebagai tempat peredaran narkoba. "Karena pintu masuknya banyak. Kita butuh sinerg untuk mencegah. Baik antar instansi hingga masyarakat," jelasnya.

Editor: Yudha