Pemkab Anambas Gelar Diklat Ilmu Pelayaran
Oleh : Redaksi
Kamis | 01-11-2018 | 09:40 WIB
diklat-pelayaran-ilustrasi.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup mengadikan pendidikan dan pelatihan (Diklat) seputrar pelayaran.

Diklat ini berlangsung selama 15 hari, mulai 31 Oktober - 14 November 2018, yang diikuti pemilik maupun pengelola angkutan laut di Anambas.

Sekretaris Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Anambas, Zulkarnain menyampaikan, pemateri dalam Diklat ilmu pelayarana ini didatangkan dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Medan. "Sasarannya masyarakat yang membawa angkutan laut," ujarnya, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Peserta yang mengikuti Diklat ini akan mendapatkan sertifik, di antaranya basic training dengan masa pelatihan sembilan hari. "Diklat ini program Pemerintah Pusat dan dilaksanakan secara gratis. Untuk sertifikat berlaku selama satu tahu dan tetap harus diperpanjang lagi," jelasnya.

Lainnya, sambung Zulkarnain, peserta juga akan mendapat sertifikat pemadaman kebakaran di laut, yang mengikuti pelatihan selama lima hari. Selanjutnya, pelatihan mengenai security training, P3K dan lainnya.

"Ada yang hanya tiga hari, ada yang sembilan hari tergantung sertifikasi yang diambil," jelasnya.

Jumlah pemateri dalam Diklat ini sebanyak 9 orang dari STIP Medan dan Ditjen Perhubungan Laut. "Instruktur enam orang. Dua tim medis satu operator," tutupnya.

Editor: Gokli