Miris, Warga Desa Air Putih Anambas Pakai Lampu Teplok untuk Penerangan
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 30-10-2018 | 15:52 WIB
lampu-teplok1.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Masyarakat Desa Air Putih, Kecamatan Siantan Timur belum bisa menikmati listrik. Bahkan masyarakat masih banyak menggunakan lampu teplok sebagai penerangan pada malam hari. Kondisi ini membuat masyarakat Desa Air Putih ibarat hidup di jaman dahulu yang tetap terisolasi.

Sementara diketahui, sejumlah program pembangkit listrik dengan sumber energi terbarukan sudah dapat dinikmati. Namun, di Desa Air Putih, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) tidak bisa dinikmati.

"Janjinya tahun 2018 Desa Air Putih sudah dialiri listrik. Tetapi sampai saat ini belum ada tanda-tanda pemasangan jaringan listrik," ucap Kepala Desa Air Putih, Azam Bazir, Selasa (30/10/2018).

Sebanyak 114 kepala keluarga (KK) di Desa Air Putih, diketahui belum pernah menggunakan alat elektronik seperti rica cooker, kulkas, televisi maupun mesin cuci. Tetapi untuk menyetrika, masyarakat harus memanfaatkan mesin generator (genset).

Sama halnya dengan dunia pendidikan dan kinerja pemerintahan desa, setiap saat menggunakan mesin genset.

"Kalau ada urusan penting, kita menyalakan mesin genset. Sama juga di sekolah-sekolah, selalu menggunakan mesin genset," jelasnya.

Wilayah Air Putih ini diketahui sudah ada sejak tahun 1917 silam. Namun, hingga saat ini masyarakat hanya mendambakan listrik.

"Mengalirnya listrik di Desa Air Putih adalah cita-cita masyarakat. Namun, kami hanya bisa menunggu realisasi pemasangan jaringan listrik. Bahkan kami sudah menyampaikan cita-cita itu kepada Pemerintah Daerah," tutupnya.

Editor: Yudha