Pemkab Anambas Usulkan Anggaran Rp5 Triliun Program Pembanguan Kawasan Perbatasan
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 08-10-2018 | 16:04 WIB
abdul-haris11.jpg
Bupati Anambas Abdul Haris. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas usulkan anggaran Rp5 triliun pada program Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbang Dutas) yang meliputi kelautan perikanan, pariwisata, pertahanan, lingkungan hidup dan kesehatan.

"Sebagai wilayah perbatasan, kita mengusulkan Rp5 triliun pada program Nawacita Presiden Republik Indonesia. Namun itu masih usulan, untuk realisasinya masih kita tunggu dari pemerintah pusat. Sebelumnya kita dipanggil untuk menguraikan program Gerbang Dutas yang meliputi, kelautan perikanan, pariwisata, pertahanan, lingkungan hidup dan kesehatan," ujar Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, Senin (8/10/2018).

Haris mengakui, pemerintah pusat akan turun ke Anambas melakukan survei lapangan. Menurutnya, Pemda sudah mempersiapkan lahan pembangunan program Gerbang Dutas.

"Sejak tahun 2017, kita sudah mempersiapkan lahan program Gerbang Dutas. Nanti tinggal disurvei oleh tim pemerintah pusat," ujarnya.

Haris berharap, infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat selama ini bisa terjawab melalui program Gerbang Dutas. "Semua yang kita usulkan untuk kepentingan masyarakat luas. Masyarakat juga sudah menanti-nanti realisasi pembangunan infastruktur," jelasnya.

Seperti diketahui, pada tahun 2017 lalu Anambas mendapat alokasi pencanangan Gerbang Dutas Rp168 miliar.

Editor: Yudha