Diduga Akibat Arus Pendek Listrik, Kios di Pasar Ikan Tarempa Terbakar
Oleh : Alfredy Silalahi
Selasa | 02-10-2018 | 16:16 WIB
pemadaman-api1.jpg
Warga berusaha memadamkan api yang membakar kios di Pasar Ikan Tarempa. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satu kios penampung ikan di Pasar Ikan Tarempa, Siantan terbakar pada Selasa (2/10/2018) sekitar pukul 13.45 WIB. Kebakaran Diduga akibat arus pendek listrik.

"Kejadiannya sekitar pukul 13:45 WIB tadi, ketika listrik menyala terjadi korsleting pada freezer (lemari pendingin). Awalnya suami saya ada di kios, tetapi tidak terjadi apa-apa. Pada saat itu memang listrik masih padam. Eh, setibanya di rumah ada warga yang menyampaikan bahwa kios terbakar," kata pemilik kios, Helin.

Meski 10 unit freezer mengalami kerusakan setelah korsleting, Helin merasa bersyukur kejadian tersebut tidak berlangsung lama. Karena masyarakat sigap melakukan pemadaman dengan menggunakan racun api.

"Kekhawatiran saya api bisa merembet kemana-mana, karena kios maupun rumah di sekeliling ini berbahan kayu. Syukur, masyarakat langsung sigap memadamkan api. Awalnya, tetangga saya yang melihat kepulan asap dan berteriak minta tolong kepada warga sekitar," jelasnya.

Salah satu warga, Edis yang ikut berjibaku memadamkan api mengakui api tak sempat merembet karena warga sigap melakukan pemadaman.

"Mendengar teriakan warga, kami langsung berlari ke lokasi melakukan pemadaman dengan racun api. Untung api tak sempat membesar, sehingga kebakaran kios tidak terlalu parah. Tak lama berselang, Satpol PP, TNI dan Polri datang untuk membantu pemadaman," jelasnya seraya mengakui melihat api berasal dari freezer. ?

Sementara, Sekretaris Satpol PP dan Pemadam Kebaran, Hery Fakhrizal menguraikan, langkah awal pemadaman yang dilakukan Satpol PP dengan memberdayakan hydrant kota, yang berjarak kurang lebih 50 meter dari lokasi kejadian.

"Semua unit pemadam kebakaran kita turunkan, dengan membawa mesin pemadam dan menggunakan hydrant," jelasnya. Pantauan di lapangan, sekitar pukul 14:30 WIB api sudah berhasil dipadamkan. Satpol PP, TNI dan Polri yang juga dibantu warga berhasil mengeluarkan seluruh isi kios.

Editor: Yudha