Kementerian PANRB Setujui 296 Kuota CPNS untuk Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Jum\'at | 07-09-2018 | 20:04 WIB
cpns-anambas-2018.jpg
Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) menyetujui kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 sebanyak 296 orang untuk Kabupaten Kepulauan Anambas. Jumlah tersebut diketahui jauh dari jumlah usulan yang disampaikan.

Di mana Pemkab Anambas sebelumnya mengusulkan jumlah CPNS sebanyak 500 orang. Sesuai Permenpan nomor 36 tahun 2018 tentang formasi CPNS secara keseluruhan, yakni formasi di 525 Pemda dibagi sebanyak 186.744 orang, lalu 51.271 untuk Pemerintahan Pusat.

"Kemarin, tanggal 6/9/2018 seluruh Pemda diundang oleh Kementerian PANRB untuk mengikuti acara serah terima terkait formasi penerimaan CPNS di Jakarta. Nanti akan kita umumkan setelah tiba di Anambas, saat ini saya masih di Jakarta," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, Jumat (7/9/2018).

Ia menjelaskan, secara ringkas untuk formasi 525 Pemda di bagi formasi tenaga pendidikan sebanyak 96.000 orang, formasi tenaga kesehatan sebanyak 60.315 orang sedangkan formasi tenaga umum atau teknis sebanyak 30.429 orang.

"Kalau untuk seluruh Indonesia sudah dibagi formasinya. Kita Anambas akan menyesuaikan kebutuhan, kita tidak akan merubah apa yang sudah ditentukan oleh Kementerian PANRB," jelasnya.

Sahtiar menambahkan, untuk formasi CPNS Kabupaten Kepulauan Anambas yang diberikan oleh Kementerian PANRB dari jumlah usulan sebanyak 500 orang hanya 296 orang saja yang disetujui. Pemkab Anambas belum bisa menentukan berapa jumlah formasi tenaga pendidikan, kesehatan maupun tenaga teknis yang ditetapkan.

"Lebih dari separuh kita peroleh dari usulan yang kita sampaikan kemarin. Pastinya kita akan membuka ruang CPNS sebanyak 296 orang sesuai dengan yang diperoleh dari Kementerian PANRB. Untuk lebih detailnya tunggu beberapa hari lagi akan kami umumkan ke media," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kepulauan Anambas, Linda Maryati mengatakan, untuk lebih jelasnya terkait hal ini akan disampaikan oleh Sekda dalam waktu dekat dan itu disampaikan melalui satu sumber saja.

"Alhamdulillah kita sudah dapat formasi untuk seleksi CPNS di Anambas. Tesnya nanti secara online dan berlaku bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sabar ya nanti akan digelar konfrensi pers di Anambas oleh Pak Sekda," ujarnya singkat.

Editor: Gokli