Pemkab Anambas Usulkan Pembangunan Balai Benih di Kecamatan Siantan Tengah
Oleh : Alfredy Silalahi
Jum\'at | 07-09-2018 | 17:04 WIB
ka-p3-anambas1.jpg
Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas, Effi Sjuhairi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas memilih Kecamatan Siantan Tengah sebagai lokasi pembangunan Balai Henih Ikan. Pasalnya, posisi Kecamatan Siantan Tengah memiliki posisi yang strategis dan didukung juga banyaknya nelayan tangkap serta nelayan budidaya.

Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan (DP3) Kabupaten Kepulauan Anambas, Effi Sjuhairi mengakui, lokasi tersebut juga disampaikan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

"Kamis sudah ajukan lokasi, studi kelayakan, dokumen perencanaan dan proposal kepada Pemerintah Pusat untuk pembangunan Balai Benih. Mudah-mudahan segera diakomodir pusat," ujar Effi, Jumat (7/9/2018).

Effi berharap dibangunnya Balai Benih Ikan dapat meningkatkan sektor perikanan di Anambas. Dan alasan Pemda mengusulkan pembangunan Balai Benih ke Pusat yakni besarnya biaya pembangunan.

"Kita mengaharapkan Pusat untuk mengakomodir pembangunan balai benih ini, karena biayanya besar. Sebelumnya kesepakatan yakni pemda menyediakan lokasi, dan pusat untuk mendukung pembangunan," jelasnya.

Rencana hadirnya Balai benih di Anambas ini pun diketahui sudah digagas sejak tahun 2017 kemarin. Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhedra mendampingi tim dari KKP turun langsung untuk mencari lokasi pembangunan Balai Benih Ikan tersebut.

"Tentunya ada syarat yang harus dipenuhi. Seperti kondisi wilayah. Sehingga mungkin menjadi pertimbangan," ucapnya belum lama ini.

Editor: Yudha