Pemkab Anambas Usulkan Pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat
Oleh : Alfredy Silalahi
Jumat | 07-09-2018 | 14:52 WIB
pelabuhan-letung-anambas11.jpg
Pelabuhan Letung Anambas. (Foto: Alfredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas mengusulkan pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat di Teluk Rembut, Air Bini Kecamatan Siantan Selatan, kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan. Mengingat proses bongkar muat di Pelabuhan Tarempa saat ini sudah tinggi dan masih bergabung dengan pelabuhan penumpang.

"Kita butuh pelabuhan baru untuk mendukung percepatan proses bongkar muat, kami bersama dinas perhubungan sudah mengusulkan titik di Teluk Rambut sebagai pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat. Untuk mendukung proses percepatan bongkar muat," kata Usman Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Jumat (7/9/2018).

Usman menyinggung, selain pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat, pihaknya juga mengusulkan pembangunan gudang logistik. "Ini menjadi satu kesatuan," kata Usman.

Sementara Ditjen Perencanaan Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, La Ode Wilo mengatakan ketika melakukan Pra Studi Kelayakan Pembangunan Pelabuhan, Pemda mengusulkan pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat di daerah Kecamatan Siantan Selatan.

"Memang Pemerintah Daerah ada menyampaikan pelabuhan bongkar muat. Kami akan terlebih dahulu untuk melakukan kajian yang akan dilakukan konsultan pendamping," ujarnya.

Wilo menyinggung, apabila pembangunan Pelabuhan Bongkar Muat tersebut dinyatakan layak dan disetujui oleh Kementerian Perhubungan, maka Kementerian Perhubungan akan membangun usulan itu.

"Kalau memang layak dan aman dari gelombang maka itu akan disetujui. Namun tahap awal ini kami masih meninjau, meminta data kepada Pemda dan melakukan kajian. Kalau dilihat-lihat, kondisi pelabuhan di Anambas ini sudah memiliki operasi yang padat dan butuh pembangunan pelabuhan baru," jelasnya.

Editor: Yudha