Disparbud Anambas Alokasikan Rp923 Juta Bangun Kawasan Wisata Batu Tompak Tiga
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 27-08-2018 | 16:04 WIB
batu-tompak-tiga1.jpg
Pembangunan lanjutan Batu Tompak Tiga. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kepulauan Anambas melanjutkan pembangunan kawasan Batu Tompak Tiga, dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp923,2 juta. Pasalnya pembangunan Pergola yang sebelumnya rampung pada tahun 2017 belum didukung akses (jalan).

"Kita melanjutkan jalan akses menuju Batu Tompak Tiga dan Pegola. Kita benahi karena jalan menuju Pergola belum ada. Karena Batu Tompak Tiga ini merupakan destinasi pariwisata, kita harus memaksimalkan sarana dan prasarana," kata Kadisparbud Anambas, Masykur, Senin (27/8/2018).

Masykur mengatakan adapun item yang dibangun selain jalan yakni pembangunan parkir, tangga, lampu sorot dan ditargetkan akhri Desember 2018 Pergola tersebut sudah dapat dinikmati oleh masyarakat dan wisatawan.

"Dibagian atas ada sebuah gazebo, nantinya ini kita hubungkan ke Pergola dengan membangun jalan dan tangga. Jadi jalan menuju Pergola ada dua titik. Kemudian membangun parkir, serta penataan bagian sekitar gazebo. Kita juga rencanakan untuk membuat lighting (lampu kelap-kelip) yang langsung menyorot Batu Tompak Tiga, dan listriknya sedang dalam proses pengusulan ke PLN," ucapnya.

Masykur mengakui, pembangunan sarana dan prasarana pendukung Batu Tompak Tiga memiliki volume yang besar dibandingkan pembangunan Pergola. Sehingga pembangunan sarana dan prasarana butuh biaya sedikit lebih besar.

"Memang pembangunan Pergola hanya Rp600 juta. Tetapi pembangunan lanjutan ini volumenya lebih besar, sehingga butuh biaya sedikit besar. Dan memang pembangunan Batu Tompak Tiga ini dilakukan bertahap sejak tahun 2017 lalu. Kita hanya berupaya destinasi ini benar-benar menarik pesona bagi wisatawan, kemudian posisinya juga berada di Ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas persis di ujung Jalan Selayang Pandang," jelasnya. ?

Masykur menyinggung, selain ada Batu Tompak Tiga, kegunaan gazebo yakni tempat untuk bersantai dengan view langsung menuju ke laut. Namun sayang, pada peningkatan sarana tersebut melupakan pembangunan toilet.

"Kami sudah lihat memang pemandangan yang langsung ke laut sangat indah dari gazebo yang sudah terbangun. Untuk sarana dan prasarana ini memang lebih mengutamakan sarana penunjang untuk melengkapi destinasi wisata," jelasnya.

Editor: Yudha