Idul Adha 1439 H, 202 Sapi Dikurbankan di Kabupaten Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 22-08-2018 | 18:54 WIB
kurban-anambas.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sebanyak 202 hewan kurban disembelih pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1439 H/2018 di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Hewan kurban berupa sapi itu terbagi di tujuh kecamatan. Untuk kecamatan Siantan sebanyak 50 ekor, Siantan Timur 12 ekor, Siantan Selatan 19 ekor, Siantan Tengah 10 ekor, Palmatak 63 ekor, Kecamatan Jemaja 33 ekor dan Jemaja Timur 15 ekor.

"Jadi totalnya 202 ekor hewan kurban. Semuanya sapi karena di Anambas tidak ada kambing. Sapi itu juga bermacam-macam sumber, ada dari pemerintah, instansi vertikal dan masyarakt," jelas Kasi Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepulauan Anambas, Adam Nur, Rabu (22/8/2018).

Adam menilai, sapi tersebut seperti sapi bali yang berasal dari Siantan, Palmatak, Jemaja dan Midai, Natuna. "Sapi yang paling jauh itu sapi yang didatangkan dari Midai, Natuna. Ini karena sapi yang di Anambas tak cukup, sehingga didatangkan dari luar. Hebatnya lagi, semua hewan kurban tahun ini adalah sapi dan tidak ada kambing," katanya.

Adam mengakui, masyarakat patungan untuk membeli seekor sapi. Pasalnya harga sapi mencapai Rp14 juta. "Biasanya untuk membeli seekor sapi terdiri dari 7 orang, sehingga pembayaran merata Rp2 juta per orang," ucapnya.

Sementara Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Rio Rizal mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menyerahkan 42 ekor sapi. "Jumlah tersebut merupakan hasil patungan dari OPD Anambas dan diserahkan kepada masyarakat," jelasnya.

Editor: Gokli