Hujan Disertai Angin dan Petir, BMKG Tarempa Imbau Masyarakat Tetap Waspada
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 01-08-2018 | 11:52 WIB
ombak-besar.jpg
Ilustrasi ombak tinggi. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dipenghujung musim kemarau, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan Tarempa imbau masyarakat khususnya pengguna transportasi laut waspada gelombang tinggi di Laut Natuna Utara dan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Kondisi hujan disertai angin kencang dan petir diperkirakan berlanjut hingga siang hari. Hujan akan menerjang wilayah Jemaja, Jemaja Timur, Siantan, Siantan Timur dan Siantan Selatan. Kami mengimbau masyarakat khususnya pengguna transportasi laut agar tetap waspada," ujar Samuel, Prakirawan BMKG Tarempa, Rabu (1/8/2018).

Samuel menguraikan, angin umumnya bertiup dari Selatan ke Barat dengan kecepatan 5 hingga 30 km/jam, disusul suhu antara 25 hingga 33 derajat Celcius. Dan gelombang diperkirakan 0.1 hingga 1.25 meter.

"Potensi gelombang tinggi ini diakibatkan angin yang kuat, umumnya bertiup dari Selatan ke Barat. Meski sesuai data gelombang paling tinggi mencapai 1.25 meter, masyarakat juga harus tetap waspada," pesannya.

Pantauan di lapangan, sejak pukul 6:00 WIB (1/8/2018) hujan masih berlanjut sampai saat ini untuk wilayah Siantan, Siantan Selatan, dan Palmatak, Jemaja.

Editor: Dardani