Hari Terakhir Pendaftaran, KPU Anambas Baru Terima Dua Berkas
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 17-07-2018 | 11:40 WIB
kpu-anambas.jpg
Komisioner KPU Anambas didampingi Komisioner Panwaslu Anambas di Sekretariat KPU. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas baru menerima dua berkas pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) hingga Selasa (17/7/2018) pukul 10:00 WIB. Dua partai tersebut terdiri dari PAN sebanyak 19 orang dan Golkar 20 orang.

"Sampai saat ini baru dua partai yang sudah menyerahkan berkas pendaftaran dan sudah kita berikan tanda terima. Pada hari terakhir, Selasa, 17 Juli 2018, pendaftaran Bacaleg, kami akan menunggu hingga pukul 23:59,"kata Komisioner KPU Anambas, Novelino yang juga didampingi Berman dan Komisioner Panwaslu Anambas, Liber Simare-mare.

Novelino mengakui, hari ini ada 8 partai yang mengkonfirmasi pendaftaran Bacaleg. Menurutnya untuk memeriksa keabsahan dan kelengkapan syarat Bacaleg butuh waktu 2 jam.

"Kita siap begadang menunggu pendaftaran Bacaleg yang sudah mengkonfirmasi pendaftaran hari ini. Kita juga tidak bisa menyalahkan mereka, karena menginput data ke aplikasi Sistem Pencalonan (Silon) terkendala pada jaringan internet," jelasnya.

"Kemarin juga ada partai yang menumpang input data di KPU sampai pagi. Karena memang sinyal tidak sanggup," tambahnya.

Novelino memastikan pinyaknya tetap membuka 280 kuota Bacaleg dari 14 partai yang ada di Anambas. "Untuk memperebutkan 20 kursi di Legislatif Anambas, kita buka kuota sebanyak 280 orang dari 14 partai. Formasinya, 9 orang dapil I, 7 orang dapil II dan 4 orang untuk dapil III. PAN hanya mengisi 19 kuota, dengan formasi 8-7-4, sedangkan Golkar mengisi 20 kuota,"terngnya.

Salah satu perwakilan partai yang belum mendaftar, Sekretaris Partai PPP, Sarifan mengakui pihaknya masih menunggu berkas yang saat ini dalam perjalanan.

"Berkas hasil cek kesehatan masih dalam perjalan, karena Bacaleg yang ingin mendaftar melakukan cek kesehatan pada tahap ke II. Kami pastikan, hari ini pukul 19:00 melakukan pendaftaran ke KPU," ucapnya.

Editor: Dardani