Perluas Akses Telekomunikasi di Anambas, Enam Tower Pemancar Signal Dibangun
Oleh : Fredy Silalahi
Jum\'at | 13-07-2018 | 17:40 WIB
tower1.jpg
Ilustrasi tower telekomunikasi. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Konsorsium Palapa Ring Barat (PRB) sedang membangun enam tower pemancar signal di wilayah Kecamatan Siantan dan Palmatak. Hal ini bertujuan untuk memperluas akses telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Enam tower ini masih proses pembangunan. Untuk tahap pertama yang dibangun yakni pada titik Pasir Merah, Siantan, Matak Kecil dan Pian Pasir, Palmatak. Pembangunannya dengan back bone PRB," ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Anambas, Jeprizal, Jumat (13/7/2018).

Jeprizal menyampaikan, pembangunan tahap dua akan dilaksanakan di Bukit Tengkorak, Kampung Baru, dan Dusun. Menurutnya, tujuan pembangunan tower untuk mempermudah operator memperluas akses telekomunikasi di Anambas.

"Operator bisa saja Telkomsel, Indosat, XL dan Smartfren. Kita sudah meminta operator memperluas back bone PRB dan meningkatkan layanan akses telekomunikasi di Anambas," jelasnya.

Disinggung mengenai pembangunan tower di Jemaja, Jeprizal mengatakan akan dilakukan bertahap karena mempertimbangkan rentang kendali.

"Landing Station PRB berada di Siantan, tentu yang paling dekat Kecamatan Palmatak. Pemancarnya akan digunakan melalui radio. Kalau yang di Jemaja, masih dilakukan kajian. Dan itu akan dilaksanakan pada tahap selanjutnya," kata Jeprizal.

Editor: Dardani