Tingkatkan Ketahanan Pangan, Lanal Tarempa Gelar Panen Raya Kerapu
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 03-07-2018 | 11:18 WIB
panen-kerapu.jpg
Jajaran Lanal Tarempa dipimpin Danlanal dan Palaksa menggelar panen raya budidaya ikan kerapu di Desa Air Sena Kabupaten Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Jajaran Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa yang dipimpin oleh Komandan Lanal, Letkol Laut (T) Arie Cahya Nugroho menggelar panen raya budidaya ikan kerapu pada wilayah binaan Lanal Tarempa di Desa Air Sena, Kecamatan Siantan Tengah.

"Panen raya budidaya ikan ini digelar serentak di seluruh Indonesia. Di Anambas sendiri, wilayah binaan Lanal Tarempa berada di Desa Air Sena. Panen raya ini merupakan program meningkatkan ketahanan pangan nasional," kata Letkol Laut (T) Arie Cahya Nugroho yang didampingi Palaksa Lanal Tarempa, Mayor Laut (P) Budi Darmawan, Selasa (3/7/2018).

Arie menambahkan, perikanan bagian dari sumberdaya ekonomi berbasis maritim dan keberadaannya sangat strategis dalam memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan nasional. Sektor perikanan budidaya menjadi salah satu sumberdaya yang sangat diandalkan kedepannya dalam memenuhi kebutuhan pangan dan pemberdayaan ekonomi di tengah masyarakat.

"Potensi perikanan di Anambas ini sangat melimpah, melalui program ini kita ingin mendorong masyarakat untuk mengembangkan budidaya ikan. Kami juga berencana akan memperluas wilayah binaan budidaya ini ke desa-desa,"ucapnya.

Arie mengaku puas. Pasalnya hasil panen raya budidaya ikan kerapu perdana tersebut sudah menghasilkan sekitar 700 kilogram ikan kerapu. "Hasil ini bersumber dari beberapa nelayan budidaya di Desa Air Sena. Mudah-mudahan tujuan untuk mengembangkan perekonomian masyarakat juga dapat terwujud," harapnya.

Editor: Dardani