Kabupaten Anambas Kebagian 6 Program Revitalisasi Pasar dari Pemerintah Pusat
Oleh : Alfredy Silalahi
Jum\'at | 29-06-2018 | 16:52 WIB
pasar-tarempa11.jpg
Kondisi di Pasar Tradisional Tarempa yang akan direvitalisasi melalui program pemerintah pusat. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kabupaten Kepulauan Anambas kebagian 6 unit revitalisasi pasar dari Pemerintah Pusat melalui Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Kemendag). Dampaknya, sejumlah pedagang di Pasar Tradisional Tarempa akan direlokasi ke Pasar Ikan.

"Kita dapat 6 program revitalisasi pasar dalam program 1000 revitalisasi pasar oleh pemerintah pusat. Selama revitalisasi, para pedagang akan direlokasi sementara ke Pasar Ikan," ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Anambas, Usman, Jumat (29/6/2018).

Usman menerangkan, revitalisasi pasar akan dimulai dalam waktu dekat dan butuh waktu sedikitnya lima sampai 6 bulan. Pasar tradisional diperkirakan baru bisa ditempati pada awal tahun 2019 mendatang.

"Rencananya besok (Sabtu, 30/6) para pedagang sudah pindah ke Pasar Ikan. Untuk tahap awal masih dilakukan pembongkaran kios. Kita berharap para pedagang sabar menunggu sampai revitalisasi pasar selesai," jelasnya.

Usman mengapresiasi para pedagang yang tidak komplain terhadap program tersebut. "Setelah kita sosialisasikan kepada para pedagang, mereka langsung terima. Karena dampak selanjutnya, pasar ini akan lebih bersih dan lebih enak dikunjungi," ucapnya.

Salah satu pedagang, Rabiuda mengaku tidak keberatan dengan program tersebut. Menurutnya program tersebut untuk kenyamanan penjual dan pembeli bertransaksi.

"Kemarin ada dari dinas menerangkan tentang pembangunan pasar, pada prinsipnya kami tidak keberatan. Justru kami senang hati," ucapnya.

Editor: Yudha