Kinerja Tidak Maksimal, Bupati Anambas Mutasi Pejabat Eselon II
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 28-05-2018 | 16:16 WIB
pelantikan-eselon-anambas1.jpg
Pelantikan pejabat Eselon II oleh Bupati Anambas yang disaksikan oleh Wakil Bupati, Sekda Anambas, TNI/Polri dan Tokoh Masyarakat di Aula Siantar Nur Tarempa. (Foto: Alfredy)

?BATAMTODAY.COM, Anambas - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas lakukan mutasi pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Anambas. Pasalnya, sudah dua tahun masa kepemimpinan Abdul Haris-Wan Zuhendra, masih banyak visi-misi yang belum tercapai.

"Masa kepemimpinan kami sudah berjalan dua tahun lebih. Namun masih banyak tugas yang tidak berjalan dengan maksimal, salah satunya mengenai perbatasan. Untuk itu, kami ingin mempebaiki kinerja dan percepatan pembangunan. Mutasi ini tidak ada indikasi apapun dan tolong jangan salah menafsirkan," ujar Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris usai melantik pejabat pimpinan tinggi dan pejabat administrator di Aula Siantan Nur, Tarempa, Senin (28/5/2018).

Haris juga berpesan kepada pejabat pimpinan tinggi dan pejabat administrator yang baru dilantik untuk segera menggali inovasi dan mendongkrak semangat pembangunan. Menurutnya, pejabat mempunyai tanggungjawab kepada daerah dan masyarakat.

"Kita harus buktikan pengabdian kepada daerah dan masyarakat. Kita sudah jauh tertinggal dari daerah lain. Kita tidak bisa berjalan lagi, namun harus berlari. Oleh karena itu, pejabat yang baru dilantik agar melaksanakan tugas dengan maksimal dan apapun harus dikerjakan demi keberhasilan daerah," pesannya.

Haris juga mengakui, mutasi tersebut sebenarnya sudah dipersiapkan dari jauh hari. Namun sulit untuk menentukan waktu mengumpulkan seluruh pejabat yang ingin dilantik. "Karena pejabat yang dilantik sudah lengkap, maka sekarang kita lakukan pelantikan," singgungnya.

Meski ada mutasi, Kepala Dinas PU, Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, Perencanaan Daerah dan Camat Palmatak masih dijabat Pelaksana Tugas (Plt). "SDM kita sedikit, yang mau diputar itu-itu saja. Maka kita masih mencari sosok untuk defenitif pada 3 jabatan itu. Atau nanti kita lakukan open biding," jelasnya.?

Adapun daftar mutasi pimpinan tinggi yakni, Khairul Syahadat pada jabatan lama Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Sosial dan Kesejahteraan Rakyat. Chatarina Dwi Retno jabatan lama Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan. Yendi pada jabatan lama Kepala Dinas Sosial dilantik menjadi Asisten Administrasi Umum.

Kemudian, Augus Raja Unggul sebelumnya Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, Perencanaan Daerah dilantik menjadi Inspektur (Inspektorat). Ekosdesi Amrialdi pada jabatan lama Kepala Kesatuan Polisi Pamong Praja dilantik menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Nurman sebelumnya menjabat Kepala Dinas Perhubungan dilantik menjadi Kepala Dinas Pendidikan. Andi Agrial pada jabatan lama Kepala Dinas Pendidikan menjadi Kepala Dinas Perhubungan. Masykur pada jabatan lama Asisten Perekonomian dan Pembangunan dilantik menjadi Kepala Dinas Pariwisata.

Dan Effi Sjuhairi sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dilantik menjadi Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan. Ody Karyadi pada jabatan lama Inspektur (Inspektorat) menjadi Kepala Dinas Sosial. Serta Zairin, dari Staf Ahli Bidang Sosial dan Kesejahteraan dilantik menjadi Kepala Kesatuan Polisi Pamong Praja.

Editor: Yudha