Baru 47 Persen Informasi di Update Website PPID Anambas
Oleh : Alfredy Silalahi
Rabu | 23-05-2018 | 13:40 WIB
rapat-ppid-anambas1.jpg
Rapat evaluasi PPID Pembantu Anambas di Aula Sekretariat Pemkab Anambas. (Foto: Alfredy)

?BATAMTODAY.COM, Anambas - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Kepulauan Anambas mengakui partisipasi PPID Pembantu pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih rendah dalam pengembangan dan peningkatan layanan informasi.

"Sejauh ini baru 47 persen informasi yang di update pada website PPID. Artinya ada 53 persen informasi yang belum disampaikan oleh OPD. Sementara pelaporan PPID merupakan kewajiban kita bersama, tidak tanggungjawab Dinas Komunikasi dan Informatika saja," ujar Ketua PPID Anambas, Jeprizal yang juga sebagai Kepala Diskominfo Anambas, Rabu (23/5/2018) saat menggelar rapat koordinasi dengan PPID Pembantu di Aula Sekretariat Pemkab Anambas.

Jeprizal menekankan, ada banyak inovasi yang dapat dilakukan meski PPID mengalami keterbatasan dari infrastruktur. Menurutnya partisipasi PPID Pembantu pada OPD harus menyampaikan informasi dengan utuh untuk mencapai predikat terbaik.

"Kami menargetkan tahun ini PPID Anambas maju ke tingkat nasional. Memang saat ini kita menjadi idola PPID Provinsi Kepri, tetapi kita harus berbenah untuk membantu PPID Provinsi. Di tahun 2017 kita menduduki posisi 200 untuk predikat tingkat nasional, kita harus bekerjasama untuk meraih predikat terbaik," tegasnya.

Pengelola PPID, Richart mengatakan yang menjadi target utama terkait peningkatan informasi yakni desa, BUMD, rumah sakit/puskesmas, kantor kecamatan, dan sekolah.

"Target juga ingin melakukan penambahan PPID Pembantu baik tingkat desa, kecamatan, rumah sakit/puskesmas, BUMD dan sekolah. Kita harus berinovasi untuk meningkatkan peran pelayanan publik. Kalau masuk target nasional, semua harus transparan termasuk dalam pengelola anggaran. Bagi pelayan publik yang menghambat atau mempersulit maka jatuh kepada pidana," jelasnya.

Pemimpin Rapat, Zuhkrin, Asisten I Pemkab Anambas menyampaikan untuk peningkatan layanan informasi dilakukan dengan bertahap. "Disesuaikan dengan kondisi jaringan, maka harus bertahap. Kami juga menyarankan, bagi OPD yang menyampaikan informasi dengan cepat agar diberikan reward. Sehingga ada motivasi untuk meningkatkan palayanan informasi," tegasnya.?

Editor: Yudha