KM Bukit Raya Sandar Perdana di Pelabuhan Letung Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 09-04-2018 | 10:04 WIB
km-bukit-raya-akhirnya-sandar-di-pelabuhan-letung.jpg
KM Bukit Raya saat bersandar perdana di Pelabuhan Letung, Anambas (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - KM Bukit Raya milik PT Pelni yang melayani pelayaran rute Tanjung Priok-Bintan-Anambas-Natuna-Pontianak melakukan sandar perdana di Pelabuhan Letung.

Hal ini sangat disambut gembira oleh masyarakat. Pasalnya sudah 25 tahun PT Pelni mengarungi Perairan Kepri, selalu lego jangkar di Tengah Laut.

"Ini merupakan awal namun jangan khawatir, karena PT Pelni akan melakukan sandar di Pelabuhan Letung. Tidak akan terjadi lagi naik turun penumpang di Tengah Laut," ujar Vice Presiden PT Pelni, Laode Muhiri, Minggu (8/4/2018) malam.

Laode juga mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Pemkab Anambas dan DPRD Anambas yang gigih menyampaikan aspirasi masyarakat kepada Pemerintah Pusat.

"Ini menyangkut keamanan penumpang di Jemaja. Karena selama ini turun naik penumpang di Tengah Laut. Mulai saat ini kita akan sandar di Pelabuhan. Ini tidak terlepas dari upaya Pemerintah Daerah dan DPRD yang mengejar agar PT Pelni segera sandar di Pelabuhan Letung," jelasnya.

Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Anambas, Nurman, mengatakan bahwa sandarnya KM Bukit Raya di Pelabuhan Letung merupakan cita-cita masyarakat.

"Selama 25 tahun PT Pelni melayani Anambas, baru hari ini KM Bukit Raya sandar di Pelabuhan. Tentu ini akan mempermudah naik turunnya penumpang di Jemaja khususnya," ucapnya seraya berharap KM Bukit Raya tidak mengalihkan pelayaran ketika memasuki Hari Raya Idul Fitri.

Sementara perwakilan masyarakat, Ubai Dilla, mengatakan bahwa masyarakat sangat gembira. Hal tersebut tidak akan mengancam keselamatan para calon penumpang.

"Selama lego jangkar di Tengah Laut, banyak kecelakaan yang kerap terjadi. Ada ibu-ibu yang hampir putus kaki karena terjepit di tangga, anak-anak nyemplung ke laut. Namun kekhawatiran itu tidak terjadi lagi, karena kapal sudah sandar di Pelabuhan Letung," jelasnya.

Seperti diketahui, Pelabuhan Letung memiliki panjang 100 meter, lebar 11 meter, kedalaman 8 sampai 20 mL, alur dengan panjang 720 meter sisi selatan dan 1400 meter sisi barat. Dan sudah mendapat rekomendasi dari tim teknis, Pelabuhan Letung layak di sandari KM Bukit Raya.

Selain KM Bukit Raya, fery cepat yang melayani rute Tanjungpinang-Letung-Tarempa dan fery cepat Batam-Letung-Tarempa sebelumnya pun sudah sandar di Pelabuhan Letung ini.

Editor: Udin