Dinas PUPR Anambas Usulkan Kecamatan Jemaja Jadi PKN
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 29-03-2018 | 10:28 WIB
jalan-namabas.jpg
Salah satu jalan di wilayah Kecamatan Jemaja, Kabupaten Anambas penunjang PKN jika nantinya disetujui. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Kepulauan Anambas segera usulkan Kecamatan Jemaja sebagai pusat kegiatan nasional (PKN). Pasalnya, Kecamatan Jemaja sudah memiliki pelabuhan sebagai akses transportasi laut dan Bandara akses transportasi udara.

"Saat ini Kecamatan Jemaja belum ada jalan nasional. Karena update data pusat kegiatan nasional (PKN) dan pusat kegiatan wilayah (PKW) dilakukan pada tahun 2014 lalu. Sementara untuk update dilakukan lima tahun sekali, maka Kecamatan Jemaja akan diusulkan PKN pada tahun 2019 mendatang," kata Kepala Bidang Bina Marga, DPUPR Kabupaten Kepulauan Anambas, Khairul Anwar, Kamis (29/3/2018).

Khairul menambahkan, apabila Kecamatan Jemaja disetujui menjadi PKN maka didukung oleh pembangunan jalan nasional. Dia menargetkan untuk jalan nasional di Kecamatan Jemaja sepanjang 20 Kilometer.

"Jalan nasional ini untuk menghubungkan Bandara Letung dan Pelabuhan Berhala, panjangnya kira-kira 20 Kilometer. Syarat jalan nasional ini yakni adanya PKN dan PKW," urainya.

Khairul menambahkan, selain mengusulkan pembangunan PKN di Kecamatan Jemaja, DPUPR juga mengusulkan pembangunan jalan nasional di Kecamatan Siantan penghubung ke Kecamatan Palmatak.

"Kalau di Siantan ada pelabuhan dan sudah ditetapkan sebagai PKN sama halnya dengan Palmatak memiliki Bandara. Nanti akan dihubungkan dari Konjo, Siantan menuju Peninting, Palmatak. Untuk tahap awal melalui RoRo dan selanjutkan pembangunan jembatan," katanya.

Editor: Gokli