Masyarakat Anambas Diminta Tetap Menjaga dan Melestarikan Keberagaman Seni Budaya
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 27-03-2018 | 12:28 WIB
fpk-anambas.jpg
Suasana Rapat Koordinasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Aula Anambas Inn, Selasa (27/3/2018). (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi dalam menjaga kelestarian? dan keberagaman seni dan budaya. Hal tersebut untuk menciptakan iklim yang kondusif sesuai tujuan pembauran kebangsaan.

"Tujuan pembauran kebangsaan untuk menciptakan iklim yang kondusif ditengah masyarakat. Di mana langit dijunjung di situ bumi dipijak, pedoman ini yang harus tetap kita pegang teguh," kata Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris melalui Staf Ahli Bupati, Zairin pada pembukaan Rapat Koordinasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) di Aula Anambas Inn, Selasa (27/3/2018).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Kepulauan Anambas, Khairul Syahadat mengatakan, pengertian pembauran kebangsaan merupakan proses integrasi anggota masyarakat dan tanpa menghilangkan identitas ras, suku dan agama.

"Melalui interaksi sosial bidang bahasa, adat-istiadat, seni budaya, pendidikan dan perekonomian mari kita tingkatkan partisipasi masyarakat untuk menjaga dan keanekaragaman seni dan budaya," jelasnya.

Sementara, Kasubbid Organisasi Kemasyarakatan Bakesbangpol Provinsi Kepri, Indra Syahputra mengakui, sifat gotong-royong dan kebersamaan sosial kian menurun dan wawasan kebangsaan serta kesadaran bela negara juga menipis.

"Pemerintah dalam hal ini menjadi moderator bagi masyarakat untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia. Melalui pelatihan berjenjang dan berkelanjutan menjadikan masyarakat lebih kreatif dan inovatif dalam kearifan lokal. Ini merupakan upaya untuk menjaga kelestarian seni dan budaya tentu akan meningkatkan jiwa sosial kita. Dan pemerintah bertanggungjawab untuk meningkatkan rasa kebangsaan dikalangan generasi penerus," jelasnya.

Editor: Gokli