Seketika Anambas Diselimuti Jaringan 4G

Bupati Anambas Berharap Jaringan 4G Tak Hilang Sepeninggal Menkominfo
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 26-03-2018 | 11:26 WIB
rudiantara-anambas.jpg
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara (tengah) bersama Bupati Abdul Haris (kiri) dan Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra (kanan). (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas meminta pemerataan akses telekomunikasi di daerah perbatasan dan terluar. Hal itu juga untuk mendorong pelayanan pemerintahan, khususnya pada masyarakat, bidang pendidikan dan kesehatan serta pertahanan.

Hal tersebut disampaikannya pada kunjungan kerja Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Republik Indonesia, Rudiantara, di Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (26/3/2018).

"Kami berharap hadirnya Palapa Ring Barat (PRB) bermanfaat kepada masyarakat untuk meningkatkan akses telekomunikasi," ujar Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, Senin (26/3/2018).

Haris menguraikan, saat ini akses telekomunikasi Anambas sudah didukung 23 tower yang dibangun provider, dan 7 tower telinfo serta 7 tower oleh USO. Sedangkan akses internet Vsat bantuan dari Kemenkominfo sebanyak 76 titik.

"Kami masih mengusulkan 39 titik untuk pembangunan Vsat sekolah, untuk pelayanan publik 59 titik, dan 5 titik akses internet pada pelayanan kesehatan serta 6 titik akses internet pada objek wisata," terangnya.

Haris menyinggung akses internet pada wilayah kerja TNI/Polri. "Saat ini wilayah kerja TNI/Polri di pulau terluar masih butuh dukungan untuk menyampaikan laporan kepada atasan," ucapnya.

Menariknya lagi, di balik kehadiran Menkominfo ke Anambas, akses telekomunikasi mendadak memasuki generasi ke empat (4G). Bupati meminta agar jaringan tersebut tidak hilang ketika rombongan Menkominfo kembali ke Jakarta.

"Saat ini akses internet begitu cepat, apa ini karena kedatangan Pak Menteri. Kami berharap jaringan ini tidak dibawa pulang," ujarnya.

Editor: Gokli