Kapal Pengawas Perairan Anambas

Danlanal Tarempa Kukuhkan Kal Pulau Siantan II
Oleh : Fredy Silalahi
Sabtu | 24-03-2018 | 12:14 WIB
kal-siantan-ii.jpg
Tepung tawar dan pengukuhan Kal Pualau Siantan. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa sambut dan kukuhkan Kal Pulau Siantan II 4.25.

Kal Pulau Siantan tersebut akan diberdayakan untuk meningkatkan pengawasan Perairan Anambas atau wilayah kerja Lanal Tarempa.

"Kehadiran Kal Pulau Siantan ini untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan wilayah kerja Lanal Tarempa. Khususnya bagi masyarakat nelayang dan pengguna transportasi laut. Mudah-mudahan kehadiran Kal Pulau Siantan ini benar-benar bermanfaat bagi masyarakat," kata Komandan Lanal Tarempa, Letkol Laut (P) Arie Cahya Nugroho saat memberikan kata sambutan kehadiran Kal Pulau Siantan di Pelabuhan Pemda Tarempa, Sabtu (24/3/2018).

Selain disambut dengan tarian batik cual dan tepung tawar, Bupati Anambas juga menyematkan kain cual kepada Komandan Kal Pulau Siantan Kapten Laut (P) Adi Poetra Parlindungan Sitanggang, Palaksa Kal Letda Laut (P) Adi Gunawan, dan KKM Kal Letda Laut (T) Makmum Purnomo.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris sangat mendukung kehadiran Kal Pulau Siantan. Dia berharap personil Kal Pulau Siantan dapat bekerja dengan baik dan sesuai keinginan masyarakat khususnya nelayan dan pengguna transportasi laut.

"Kal Pulau Siantan ini sangat gagah, semoga bermanfaat bagi masyarakat Anambas. Dan kehadiran Kal Pulau Siantan ini bisa menjawab keluhan nelayan terkait aktivitas pengeboman ikan maupun tindakan ilegal lainnya. Kepada Komandan Kal semoga dapat menjalankan tugas dengan baik," harapnya.

Haris juga menambahkan agar Dan Kal Pulau Siantan menjalin kerja sama dengan masyarakat terkait aktivitas pengeboman ikan. "Kami juga mengimbau masyarakat agar mendukung kehadiran Kal Pulau Siantan," pesannya, seraya berharap Kal Pulau Siantan dapat membantu masyarakat Anambas ketika menghadapi musim angin utara.

Kal Pulau Siantan memiliki spesifikasi dengan panjang kapal 28 meter, lebar 5,85 meter, kecepatan 28 knot dan dilengkapi dengan senjata oerlikon MK IV Kaliber 20 mm dihaluan kapal, SM 50 M2 HB QCB Kaliber 12,7 dianjungan belakang, AK47 Kaliber 7,62 mm dan Pistol G-2 Combat Kaliber 9 mm serta dibantu 12 ABK kapal.

Kal Pulau Siantan sendiri diresmikan dan diluncurkan di Dermaga Jetsky Pantai Mutiara, Jakarta pada 27 Desember 2017 oleh Aslog Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi didampingi dan disaksikan Danlanal Tarempa.

Acara penyambutan di Pelabuhan Pemda Tarempa Kecamatan Siantan, Danlanal Tarempa didampingi oleh Bupati dan Wakil Bupati Anambas, Kapolres Anambas, Kepala OPD Pemkab Anambas, Kapolsek Siantan, LAM dan Tokoh Masyarakat.

Editor: Gokli