DPRD Anambas akan Penuhi Permintaan HNSI Tentang Pembentukan Pansus
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 23-01-2018 | 08:14 WIB
demo-hnsi11.jpg
Nelayan Anambas demo di Kantor DPRD Anambas (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas akan memenuhi permintaan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Anambas terkait pembentukan Panitia Khusus (Pansus) tentang aktivitas pukat mayang yang beroperasi di bawah 12 mil dari garis pantai.

"Usai melakukan rapat, kami akan segera menyampaikan keluhan ini kepada Pimpinan DPRD agar segera dilakukan rapat paripurna. Sembari menunggu (pejabat legislatif-red) yang lain kembali ke Anambas," ujar Yusli YS Politisi PDIP, Senin (22/1/2018) saat didemo HNSI di Sekretariat DPRD Anambas.?

Dia juga menerangkan, saat ini sejumlah Unsur Pimpinan dan Anggota DPRD sedang melakukan kunjungan ke Menteri Kelautan dan Perikanan. Yusli membuktikan melalui teleponnya dan respon DPRD yang berada di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) didengarkan melalui toa.

"Kami sedang melaksanakan rapat dengan KKP tentang keluhan nelayan. Agar persoalan ini dapat diselesaikan," sahut Adnan Nala, politisi Demokrat yang sedang berada di KKP ketika dihubungi oleh Yusli YS.?

Alasan yang sama juga diberikan oleh Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas, Chatarina. Dia juga beralasan sedang ikut rapat dengan KKP.

"Saya ikut dengan Perwakilan DPRD ke KKP untuk menyelesaikan persoalan nelayan di Anambas. Dan KKP berjanji akan menurunkan kapal pengawas ke Anambas," jelas Chatarina.

Mendapat keterangan tersebut, para nelayan akhirnya membubarkan diri. "Tetapi kami tetap menunggu DPRD, apabila Pansus belum dibentuk pada 25 Januari mendatang. Kami akan kembali melakukan aksi," ujar massa sembari membubarkan diri.

Editor: Udin