Polres Anambas Gandeng Seluruh Instansi, Bentuk Satgas Penanggulangan Bencana dan Laka Laut
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 20-12-2017 | 09:02 WIB
rakor-pembentukan-satgas-laka-laut.jpg
Rakor Pembentukan Satgas di Aula Mapolres Anambas (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kepolisian Resor (Polres) Anambas gandeng TNI, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dan instansi vertikal lainnya bentuk Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana Alam dan Laka Laut. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam dan laka laut.

"Kita undang Pemerintah Anambas, Dinas Sosial, Syahbandar, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dishub, Dinas PU, Ketua FKUB, BMKG, Basarnas, dan TNI. Tujuan kita untuk membentuk Satgas Bencana Alam dan Laka Laut, pembentukan posko, menyusun rencana kegiatan dan membuat call center," ujar Kapolres Anambas, AKBP Junoto, Selasa (19/12/2017).

Dia menceritakan, situasi dan kondisi cuaca di Anambas dengan intensitas hujan tinggi, gelombang tinggi dan angin kencang mengakibatkan sebuah wilayah rawan bencana serta laka laut.

"Satgas harus siap di Posko yang sudah didirikan untuk memberikan bantuan dan pertolongan terhadap korban bencana," ujarnya.

Rencana kegiatan Satgas, lanjut Junoto, yakni melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dan bagi pengguna transportasi laut diberikan life jacket.

"Kita lakukan sosialisasi dulu dan mengecek perlengkapan kapal yang ingin bepergian menggunakan transportasi laut. Tanpa life jacket maka jangan diberikan berlayar, begitu juga dengan Syahbandar dan BMKG, kita minta bantu untuk selalu memantau informasi prakiraan cuaca secara terus-menerus," ucapnya.

Junoto juga mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh seluruh pihak dalam pembentukan Satgas tersebut. "Terima kasih kami ucapkan atas dukungan semua instansi dan kami berharap kerja samanya. Ini merupakan langkah nyata kita hadir di tengah-tengah masyarakat," jelasnya.

Editor: Udin