Kapal Angkut Hasil Tangkapan Nelayan Jemaja Tenggelam Usai Tabrak Karang
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 03-12-2017 | 18:00 WIB
kapal_tenggelam.gif
KM Dayang Samudra dikerumuni beberapa kapal nelayan masyarakat dalam rangka melakukan upaya penyelamatan para awak (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kapal Motor (KM) Dayang Samudra tenggelam di Perairan Letung. Diduga kapal tersebut menambrak karang, sehingga menyebabkan lambung kiri kapal bocor.

"Kejadiannya Sabtu (2/12/2017) berkisar pukul 14:00 WIB. Keadaan air laut sedang surut dan tidak ada rambu-rambu lalu lintas laut sebagai penunjuk arah. Mungkin itu yang membuat nahkoda tidak melihat keberadaan karang. Sehingga menabrak karang dan menyebabkan lumbung kiri bocor hingga kapal tenggelam," kata Gusdi, warga Letung, Kecamatan Pulau Jemaja, Minggu (3/12/2017).

Dia menambahkan, jarak tenggelamnya kapal tersebut dari pelabuhan ditaksir berkisar 500 meter. Sehingga, masyarakat yang melihat KM Dayang Samudra oleng langsung menghampiri kapal.

"Kapal ini biasa dimanfaatkan masyarakat mengirim ikan hasil tangkapan ke Tanjungpinang. Padahal mereka baru selesai bongkar muat langsung dan mulai berlayar dari Letung menuju Tanjungpinang," terangnya seraya mengatakan tidak ada korban jiwa pada kecelakaan tersebut.

Kapolres Kabupaten Kepulauan Anambas, AKBP Junoto membenarkan terkait laka laut tersebut. Dia menerangkan, KM Dayang Samudra sudah membuat 63 fiber ikan dengan berat mencapai 6 ton.

"Benar kejadiannya kemarin (Sabtu, 2/12/2017). Awak kapal berjumlah 6 orang yang dinahkodai oleh Hairuddin. Tetapi beruntung semua awak kapal bisa diselamatkan, termasuk ikan sebanyak 63 fiber masih bisa dibawa ke tepi (Pelabuhan Letung)," terang Junoto.

Editor: Surya