BKPSDM Sediakan 30 Unit Finger Print untuk Kedisiplinan Pegawai Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 28-11-2017 | 13:02 WIB
Kabid.jpg
Kepala Bidang Kedisiplinan Pegawai BKPSDM Kabupaten Anambas, Tony Karnian. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kepulauan Anambas siapkan 30 unit absensi online (finger print) untuk menegakkan kedisiplinan pegawai di Lingkungan Pemkab Anambas.

"Saat ini sudah 30 unit finger print yang sudah terpasang di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk Kecamatan. Ini tujuannya untuk mengantisipasi kecurangan pegawai dalam mengisi absensi," ujar Kepala Bidang Kedisiplinan Pegawai BKPSDM, Tony Karnian, Selasa (28/11/2017).

Tony mengakui, belum semua Kecamatan dapat tersambung finger print. Pasalnya belum semua kecamatan memiliki jaringan internet. "Jadi semua tersambung ke BKPSDM secara online, tetapi untuk Kecamatan dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kecamatan masih menggunakan absensi manual. Karena belum ada jaringan internet," terangnya.

Ia memaparkan, bahwa selama ini pihaknya sibuk melakukan sidak ke OPD, dan masih kerap ditemui pegawai yang curang.

"Contohnya dalam absensi hadir, ketika kita sidak yang bersangkutan tidak ada di tempat. Ini yang kami kesalkan, karena tidak ada bentuk pengawasan dari pimpinan. Adanya finger print ini akan meminimalisir kecurangan pegawai, dan kelemahannya ketika mesin rusak," paparnya.

"Ini masih masa uji coba, jadi awal tahun 2018 ini sudah aktif dibantu dengan absensi manual yang wajib mencatat waktu ketika tiba dikantor," tambahnya.

Ia juga menyinggung, menggunakan finger print tidak ada lagi pegawai yang titip absen. "Selama ini budayanya seperti itu, tetapi ke depan tidak akan ada lagi titip absen," tutupnya.

Editor: Gokli