Abdul Haris Ajak Masyarakat Anambas Jangan Pernah Lupakan Sejarah Kemerdekaan
Oleh : Fredy Silalahi
Jum\'at | 10-11-2017 | 10:50 WIB
upacara-anambas.jpg
Suasana upacara peringatan Hari Pahlawan di Kabupaten Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 di Kabupaten Kepulauan Anambas diselenggarakan di dua tempat yakni di Lapangan Sulaiman Abdullah Tarempa dan Tabur Bunga di Pelabuhan serta upacara Penaikan Bendera di salah satu pulau terluar, Pulau Tokong Nanas.

Bertindak sebagai Inspektur upacara yakni Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, Komandan Upacara Ipda Gunawan Husein sementara peserta upacara terdiri dari Kompi TNI/Polri, Ormas/LSM, ASN dan PTT serta Siswa-siswi SD, SMP maupun SMA di Kecamatan Siantan.

Dalam upacara tersebut, Abdul Haris membacakan amanat dari Menteri Sosial RI, bahwa 10 November seluruh Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, mengenang para pendahulu, pahlawan dan perintis kemerdakaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, gerakan perjuangan kolektif.

"Saat ini kita semua bisa menikmati hidup di Bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain. Bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," ujarnya.

Ia juga berpesan kepada semua generasi agar tidak melupakan sejarah kemerdekaan.

"Bung Karno pernah menegaskan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat itu memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan semua pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia," tegasnya.

Pantauan di lapangan, duduk di kursi VIP yakni Ketua DPRD, Danlanal Tarempa, Kapolres Anambas, Wakapolres, Kacabjari, Sekda, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.?

Editor: Gokli