Pekerja Tak Dilengkapi Safety

Fiber Optik Palapa Ring Paket Barat di Anambas Diduga Tak Sesuai Spesifikasi
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 09-11-2017 | 13:02 WIB
fiber-optik-00.jpg
Ilustrasi pemasangan kabel fiber optik di laut.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Penanaman kabel fiber optik Palapa Ring Paket Barat di Kabupaten Kepulauan Anambas diduga tidak sesuai spesifikasi. Padahal, penanaman kabel tersebut merupakan salah satu Program Nawacita Presiden Republik Indonesia.

Pantauan di lapangan, sesuai perencanaan kabel fiber optik dari darat ke laut sepanjang 270 meter? ditanamkan dalam laut. Namun fakta di lapangan hanya diberi pemberat campuran batu dan semen.

Bahayanya lagi, kedalaman laut yang tak terjangkau tangan pekerja harus menyelam yang dibantu dengan kompresor bukan dengan tabung oksigen.

Pengawas lapangan kontraktor pelaksana PT Sarana Global Indonesia (SGI), Yudi mengelak ketika dikonfirmasi tentang Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) penanaman kabel dalam laut. "Saya tidak tahu mengenai itu, saya diperintah untuk bekerja," ujarnya singkat.

Sementera, Kepala Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas, Nurman belum memberi jawaban ketika ditanyakan melalui pesan singkat tentang dugaan perusakan karang terhadap penanaman kabel di dalam laut.

Editor: Gokli