Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Tahun Mangkrak, DPPP Anambas Optimis Rumah Benih Ikan Beroperasi Tahun Ini
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 25-05-2017 | 17:38 WIB
Rumah-benih-ikan.gif Honda-Batam
Rumah benih tempat pendederan benih ikan (Sumber foto: Budidaya Dan Perawatan Untuk Bisnis)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan (DPPP) Kabupaten Kepulauan Anambas optimis pada APBD-Perubahan mendatang rumah pendederan benih ikan di Teluk Siantan, Kecamatan Siantan Tengah akan beroperasi.

"Alhamdulliah, APBD-Perubahan nanti akan beroperasi, karena tempat pendederan benih itu tuntutan masyarakat. Jenis ikan yang diminta masyarakat masih satu jenis yaitu kerapu," ujar Kepala DPPP Kabupaten Kepulauan Anambas, Chatarina, Kamis (25/5/2017).

Sementara Kepala Bidang Pembudidayaan Ikan DPPP Anambas, Defrian, menguraikan, kapasitas rumah benih tersebut berkisar 6.000 ekor. Rumah benih tersebut terdiri dari 4 bak besar dengan ukuran 2x4 meter dan didukung oleh 5 fiber.

"Rumah benih adalah tempat pendederan ikan. Nanti bibit ikan didatangkan dari Batam. Dari benih hingga ukuran tertentu baru diserahkan kepada masyarakat, yang kemudian untuk dibudidayakan," urainya.

Dia mengakui, rumah benih tersebut dibangun pada tahun 2013 lalu. Kendala yang dimiliki sehingga belum dioperasikan, yaitu keterbatasan anggaran.

"Sarana sudah ada, tinggal anggaran untuk membeli benih belum. Tetapi kami sudah menyusun anggaran untuk diajukan pada APBD-Perubahan. Karena perintah Pak Bupati, rumah benih itu harus segera dimanfaatkan," jelasnya.

Dia mengakui, rumah benih sudah lama selesai dibangun, pihaknya juga setiap tahun mengusulkan pembelian bibit ikan kerapu, namun tak pernah lolos.

"Setiap tahun kami usulkan, tetapi tidak pernah lolos. Alasannya keterbatasan anggaran. Mengenai rumah benih di Siantan Tengah dilakukan karena didukung tempat yang strategis, airnya juga mendukung," ujarnya.

Editor: Udin