Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Protes Penggusuran Kios, Pedagang di Pasar Induk Jodoh Gelar Unjuk Rasa
Oleh : Nando Sirait
Senin | 24-09-2018 | 09:52 WIB
pedagang-jodoh.jpg Honda-Batam
Aksi unjuk rasa ratusan pedangang di Pasar Induk Jodoh menolak penggusuran kios. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ratusan pedagang Pasar Induk Jodoh, Senin (24/09/2018) pagi, melakukan aksi unjuk rasa. Adanya aksi tersebut disinyalir merupakan protes atas rencana penggusuran sejumlah kios oleh Pemerintah Kota Batam.

Pantauan di lokasi, para pedagang melakukan blokade salah satu ruas jalan sehingga menyebabkan kemacetan arus lalu lintas yang cukup panjang di ruas jalan lainnya.

Petugas Satlantas Polresta Barelang yang berada di lokasi, juga terlihat agak kewalahan mengatur arus lalu lintas di kawasan Pasar Induk Jodoh, yang memang kerap dilewati oleh mobil berukuran besar, seperti truk dan kontainer.

Hingga pukul 09.25 WIB, belum terlihat adanya petugas Satpol PP ataupun personil Pemko Batam yang direncanakan akan melakukan penggusuran. Sementara para pedagang sudah terlihat berjaga-jaga di setiap sudut kawasan Pasar Induk Jodoh guna mengantisipasi adanya penggusuran tersebut.

Kanit Turjawali Satlantas Polresta Barelang, Ipda Ferdyando, pun mengimbau bagi masyarakan yang akan melintas dari kawasan Pasar Induk Jodoh untuk mencari jalur alternatif lain. Apabila terpaksa melewati kawasan tersebut petugas mengimbau agar pengendara berhati-hati dan waspada.

"Karena kita hanya aktifkan ruas jalan sebelah kanan dari arah Hotel Pasific, maka pengendara diminta untuk berhati-hati karena arus lalu lintas yang semakin padat. Tetapi kami juga sarankan agar pengemudi mencari jalur alternatif lain, apabila ingin melewati kawasan ini," katanya.

Editor: Gokli