Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Transaksi di Pemko Tanjungpinang Total Gunakan Sistem Non Tunai
Oleh : Habibie Khasim
Jumat | 16-03-2018 | 19:51 WIB
sekda-riono-728x349.jpg Honda-Batam
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono, mengatakan sejak kegiatan berjalan pada tahun 2018 ini, semua transaksi Pemko Tanjungpinang dilakukan melalui non tunai. Pasalnya, memang setiap pemerintah diminta untuk menyegerakan proses transaksi non tunai secepatnya.

"Ini arahan dari KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi.red), dan tahun ini kita sudah hampir total menggunakan transaksi non tunai," tutur Riono saat diwawancarai, Jumat (16/3/2018).

Hal utama yang dilakukan menggunakan sistem non tunai adalah saat pembayaran gaji aparatur sipil negara (ASN) setiap bulannya, terhitung sejak Januari.

"Bahkan sampai insentif RT dan RW yang dibagikan per 3 bulan yang rutin kita lakukan, sekarang menggunakan sistem non tunai," kata Riono.

Ke depan, semua bantuan hibah, pembiayaan pembangunan atau apapun yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) menggunakan sistem pembayaran non tunai.

Riono mengaku merasakan efek yang sangat positif dengan diterapkannya sistem pembayaran non tunai ini. Salah satunya tidak ada pemborosan anggaran, Karena semua terpantau. Pekerjaan yang berhubungan dengan pembiayaan pun semakin gampang.

"Pemborosannya adalah pembelian amplop, jadi biasanya bendahara sibuk nyiapin ratusan sampai ribuan amplop untuk bayar gaji pegawai. Sekarang tidak perlu itu lagi, semua langsung ke rekening," kata Riono.

Editor: Udin