Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagi, Bayi Ditemukan di Ruli Pemda II Batuaji
Oleh : Yosri Nofriadi
Senin | 15-01-2018 | 11:38 WIB
bayi1.jpg Honda-Batam
Inilah bayi perempuan yang ditemukan di Ruli Pemda II Batuaji pada Senin (15/1/2018). (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hanya berselang lima hari dari penemuan bayi dalam koper di pinggir jalan dekat Panti Asuhan Hizbut Wathani, Komplek Perum Villa Paradise, Selasa (9/1/2018) pagi, bayi diduga dibuang orangtuanya kembali ditemukan di Batam.

Kali ini, sesosok bayi perempuan ditemukan di teras rumah warga Ruli Pemda 2, di belakang Kantor Kelurahan Buliang, Kecamatan Batuaji, Senin (15/1/2017) subuh. Penemuan bayi ini pun sangat menggemparkan warga.

Saat ditemukan, bayi perempuan yang diperkirakan berumur tiga hari itu kondisinya sehat. Saat ini, si bayi sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah untuk mendapatkan perawatan medis.

Bayi malang itu pertama kali ditemukan oleh Robinson Sinaga (36) terbalut sehelai handuk di atas kursi teras rumahnya di Ruli Pemba II RT02/RW026, Keluarahan Buliang, Kecamatan Batuaji sekitar pukul 04.30 WIB.

Robinson, yang saat itu sedang tidur dibangunkan oleh istrinya yang mendegar suara sayup-sayup tagisan bayi persis di depan rumahnya. "Istri saya membangunkan saya dan memberitahukan suara bayi itu," ujar Robinson.

Awalnya Robinson menyangka suara tangisan bayi itu hanya mimpi. Melihat tidak ada keanehan, Robinson kembali melanjutan tidurnya.

Namun, beberapa menit kemudian, tangis bayi itu memang ada dan Robinson mendengarnya langsung. "Setelah lima menit saya mendegar mendengar tangisan bayi. Terus saya intip dari jendela melihat ke sekeling. Saya terkejut melihat anah bayi yang sedang tergeletak di atas kursi di teras rumah saya dalam keadaan dibungkus dengan handuk," ujarnya lagi.

Sebelum keluar rumah untuk melihat bayi itu, dia memanggil beberapa warga sekitar melalui telephone guna melihat bayi tersebut bersama-sama. "Sebenarnya saya takut keluar rumah. Siapa tahu jebakan," ujarya lagi.

Robinson memperkirakan bayi tersebut baru tiga hari setelah dilahirkan. Sebab, di dekat bayi itu ditemukan sepujuk kertas yang isinya tanggal dan hari dimana bayi tersebut dilahirkan.

"Untung bayinya masih hidup. Dekat bayi ditemukan kertas tanggal lahir bayi itu. Isinya hari Selasa tanggal 12 tahun 2018," ujarnya lagi.

Penemenuan bayi dengan berat berat 3,2 Kilogram dan tinggi 49 cm itu pun sontak mengundang perhatian warga.

Kanitreskrim Polsek Batuaji, Ipda Yanto membenarkan adanya penemuan bayi tersebut. "Laporan sudah kami terima. Kasus ini sedang kami selidiki," tegas Yanto.

Editor: Gokli