Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Darmin Minta KEK Batam Harus Lebih Baik dari Daerah Lain
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 10-12-2017 | 18:00 WIB
Darmin-di-MPP.jpg Honda-Batam
Menko Perekonomian dan Menpan RB Asman Abnur didampingi Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengunjungi Mall Pelayanan Publik di Batam Center (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejauh ini pemerintah pusat sudah menetapkan 11 daerah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di seluruh Indonesia. Dalam menciptakan pusat-pusat pertumbuhan baru, guna mengoptimalkan potensi ekonomi di wilayah tersebut.

Namun, status Batam masih terkatung-katung. Pemerintah pusat belum kenjung menetapkan transisi dari kawasan perdagangan bebas (Free Trade Zone/FTZ), ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang sudah digandang-gandang.

Menko Perekonomian, Darmin Nasution, mengaku status Batam, kedepan bisa diterapkan Kawasan Ekonomi Khusus yang lebih baik. Dibandingkan daerah lain di Indonesia yang sudah menerapkan KEK.

"Arah Batam ke KEK, tapi harus lebih baik dari daerah lain. Kita tinggal memperbaiki atau menambahkan regulasi yang ada pada aturan KEK, agar lebih menarik lagi," kata Darmin di usai meninjau Mall Pelayanan Publik (MPP), Batam Center Minggu (10/12/2017) siang.

Ia menilai lebih mudah menerapkan KEK dibandingkan dengan FTZ. Salah satu alasanya karena dalam penerapan KEK produksi barang di Batam bisa dijual kedaerah lain, di Indonesia tanpa dikenakan biaya masuk. Namun sebaliknya dalam penerapan FTZ.

Sehingga dalam percepatan pertumbuhan ekonomi, KEK lebih mudah dan cocok untuk di terapkan disuatu daerah.

"Kalau mempertahankan FTZ kita harus merubah undang-undang, itu akan memakan waktu dan kendala yang banyak. Tapi kalau meruba, ke KEK bisa langsung diterapkan," katanya.

KEK di Provinsi Kepri kata Darmin tidak hanya Batam saja, melainkan daerah-daerah lain yang memiliki potensi juga berpeluang. Seperti daerah Bintan dan Karimun.

"Sebenarnya tidak hanya Batam, Rempang, Galang, tapi kami juga melihat potensi Bintan dan Karimun. Daerah itu nanti bisa menyusul setelah KEK di terapkan di Batam. Karena Batam harus di bentuk dan dikembangkan beberapa zona seperti Pariwisata, Digital, Ekonomi Kreatif, Migas dan lainya," tegas Darmin.

Namun rencana penerapan KEK Bintan dan Karimun. Dituntu harus mendukung dan mengisi satu sama lain antar daerah, kabupaten/kota. Dalam menunjang perekonomian yang lebih baik.

"Saya belum bisa bicara apa saja yang akan dilakukan. Tapi penerapan KEK di Kepri diharapkan bisa saling mengisi antar daerah, Kabupaten/kota Batam, Rempang, Galang, Bintan dan Karimun," pungkasnya.

Editor: Surya