Ansar Serahkan Insentif RT-RW, Posyandu dan Bantuan Transportasi Laut Siswa di Natuna
Oleh : Redaksi
Selasa | 25-10-2022 | 12:44 WIB
ansar-bantuan-natuna.jpg
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat menyerahkan insentif RT/RW, Posyandu dan bantuan transportasi laut siswa di Kabupaten Natuna, Senin (24/10/2022). (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Kunjungan kerja ke Kabupaten Natuna disejalankan Gubernur Kepri, H Ansar Ahmad untuk menyerahkan bantuan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau untuk RT/RW dan Posyandu di Gedung Sri Serindit, Ranai, Senin (24/10/2022).

Kabupaten Natuna menjadi pelengkap dari tujuh kabupaten dan kota yang diserahkan Gubernur Ansar bantuan serupa, dalam lawatannya ke setiap kabupaten dan kota hal ini sudah menjadi rutinitas Gubernur Ansar untuk menunjukkan kepedulian Pemprov Kepri kepadanya RT/RW dan Posyandu.

Di kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga ini, Gubernur Ansar menyerahkan bantuan yang bernilai total Rp 1.432.200.000. Dengan rincian yaitu bantuan tunai kepada RT senilai Rp 829.200.000 yang diberikan kepada 691 orang RT dengan masing-masing menerima Rp 1.200.000. Lalu bantuan uang kepada RW senilai Rp 318.000.000 yang diberikan kepada 265 orang RW masing-masing menerima Rp 1.200.000.

Gubernur Ansar menyebutkan, peran RT dan RW dalam pembangunan sangat fundamental dan menjadi garda terdepan dalam berhubungan langsung dengan masyarakat. RT dan RW adalah pelopor Pemerintah yang mempunyai peran sebagai perpanjangan tangan dalam implementasi kebijakan baik ditingkat Kelurahan/Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat.

Rentang kendali yang jauh antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang berkedudukan di Tanjungpinang dengan Kabupaten Natuna yang berada di ujung utara Indonesia membuat peran RT dan RW menjadi signifikan sebagai penghubung dan pelaksana kebijakan Pemprov Kepri di tingkat masyarakat.

"Dibutuhkan sebuah langkah sebagai penguatan peran RT dan RW dalam mengemban tugas yang sangat besar dan mendasar tersebut. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan senantiasa fokus terhadap penguatan peran RT dan RW di Kabupaten Natuna," ujar Gubernur Ansar, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Tidak hanya berfokus pada penguatan RT dan RW, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga memberikan perhatian yang besar terhadap keberadaan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Posyandu dipandang memiliki peranan yang tidak kalah penting sebagai salah satu langkah promotif dan preventif dari berbagai potensi penyakit yang senantiasa menjadi kerisauan di tengah-tengah masyarakat. Posyandu juga merupakan pelopor dalam menjaga kesehatan masyarakat melalui upaya peningkatan status gizi masyarakat serta upaya kesehatan ibu dan anak.

Hal tersebut sejalan dengan upaya Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Kepulauan Riau. Berdasarkan data Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2021, prevalensi stunting di Provinsi kepulauan Riau berada pada angka 17.6 persen, angka ini lebih rendah daripada angka nasional sebesar 24,4 persen. Pada tahun 2022 ini, prevalensi stunting tersebut diharapkan dapat turun menjadi 15,8 persen dan dapat turun kembali menjadi 14 persen pada tahun 2024.

Sebagai dukungan untuk upaya dan peran posyandu tersebut, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau memberikan perhatian yang lebih terhadap penguatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kabupaten Natuna melalui Bantuan Uang Operasional, yang diberikan kepada Posyandu di Kabupaten Natuna sebesar Rp 285.000.000 untuk 57 posyandu. Adapun masing-masing posyandu menerima bantuan sebesar Rp 5.000.000.

"Kita harapkan melalui bantuan uang operasional ini Posyandu dapat maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya," ujar Gubernur Ansar.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Ansar juga menyerahkan bantuan kepada siswa untuk Transportasi Laut Siswa kepada SMA N 1 Pulau Tiga Kabupaten Natuna sebesar Rp 384.300.000. Selain itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyerahkan apresiasi kepada siswa berprestasi berupa piagam penghargaan.

"Apresiasi ini semoga dapat menjadi motivasi kepada para siswa untuk terus berkarya melakukan yang terbaik sebagai generasi yang berkualitas dalam mendukung pembangunan Provinsi Kepulauan Riau," tutup Gubernur Ansar.

Editor: Gokli