Melalui Dana Aspirasi, Cen Sui Lan Bangun Jalan dan Homestay di Desa Wisata Telok Buton Natuna
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Senin | 26-09-2022 | 09:55 WIB
A-JALAN-CEN-NATUNA_jpg2.jpg
Proses Pembangunan Homestay di Desa Wisata Telok Buton Natuna. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kepri, Cen Sui Lan membangun jalan dan homestay untuk pengembangan Desa Wisata Telok Buton, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Kepri.

Cen Sui Lan mengatakan, pembangunan infrastruktur pendukung desa wisata dari dana aspirasinya tersebut mencapai Rp 500 juta.

Ia menjelaskan, pengembangan desa wisata di Desa Telok Buton tersebut merupakan wujud kehadiran Negara Indonesia dalam memperkuat ketahanan bangsa di daerah perbatasan. Hal ini karena Kabupaten Natuna di Provinsi Kepri ini berbatasan dengan 9 negara tetangga itu.

"Untuk tahun anggara 2022 ini, saya menempatkan dana aspirasi sebesar Rp 500 juta untuk mengembangkan Desa Teluk Buton, di Natuna. Program pembangunan jalan dan homestay ini sebagai upaya mewujudkan desa destinasi wisata," kata Cen Sui Lan, Senin (26/9/2022).

Lanjut Cen, tahapan kegiatan ini sudah mulai berjalan. Pembangunan jalan untuk desa wisata di Telok Buton itu berada di tepi pantai dengan dibangun jalan semenisasi, sehingga akan mempermudah akses transportasi bagi pengunjung ke pantai.

"Kemudian, di pantai Desa Telok Buton itu juga dibangun homestay atau rumah singgah. Homestay yang dibangun di tepi kawasan wisata mangrove ini akan disewakan kepada pengunjung yang ingin menginap dan menikmati suasana wisata pantai di Telok Buton," ujarnya.

Dengan dibangunnya infrastruktur pendukung tersebut, ia berharap dapat mengembangkan pariwisata di pantai Desa Telok ButonButon, sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian warga sekitar.

"Pengerjaan pembangunan jalan dan homestay ini dilaksanakan oleh masyarakat setempat. Jadi, selain untuk mengembangkan desa wisata, program ini juga memberikan peluang kerja bagi masyarakat setempat," tutupnya.

Editor: Dardani