Tingkatkan Pelayanan Polri di Pulau Terluar

Irwasum Polri Resmikan Gedung Baru Polsek Pulau Laut dan Polsubsektor Pulau Tiga Natuna
Oleh : Aldy Daeng
Jumat | 24-06-2022 | 09:21 WIB
A-IRWASUM-NATUNA.jpg
Penandatanganan prasasti peresmian Polsek Pulau Laut dan Polsubsektor Pulau Tiga, oleh Irwasum Polri Komjen Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si, CSFA. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Pol Drs Agung Budi Maryoto MSi CSFA melakukan kunjungan kerja ke Polres Natuna, Provinsi Kepri, dalam rangka peresmian gedung baru Mako Polsek Pulau Laut dan Polsubsektor Pulau Tiga, Kamis (23/6/2022).

Selain menandatangani prasasti peresmian penggunaan Mapolsek Pulau Laut dan Polsubsektor Pulau Tiga, Irwasum juga meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat Natuna.

Irjen Pol Agung Budi Maryoto menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kapolda Kepri beserta jajarannya, serta Bupati Natuna beserta Forkompinda dan seluruh masyarakat, atas sambutan dan dukungannya selama ini, sehingga Kamtibmas tetap aman dan kondusif.

"Peresmian gedung baru Mapolsek Pulau Laut ini merupakan langkah nyata dalam menunjang pelaksanaan tugas Polri guna meningkatkan kualitas pelayanan publik di pulau terluar Indonesia serta menjaga stabilitas keamanan dan sebagai bentuk kehadiran negara di tengah masyarakat," kata Irjen Pol Agung.

Irwasum menjelaskan, kehadiran Mapolsek Pulau Laut dan Polsubsektor Pulau Tiga ini, karena tingginya kebutuhan masyarakat akan pelayanan Polri dan nilai strategis Pulau Laut sebagai pulau terluar wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan, dengan berbagai potensi kerawanan diantaranya: illegal fishing/ pencurian ikan oleh kapal asing, kecelakaan laut, lintasan jalur peredaran narkoba hingga penyelundupan sembako.

"Polri diharapkan mampu mewujudkan kerjasama di bidang keamanan bersama rekan-rekan TNI pada pos pengamanan pulau terluar baik yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni. hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Polri mendukung program kerja pemerintah untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera," jelasa Irwasum.

Dengan Kehadiran polri dalam bentuk Kesatuan Kewilayahan setingkat Polsek, masih menurut Irwasum, diharapkan pelayanan, pemeliharaan Keamanan dan ketertiban kepada Masyarakat Pulau Laut dapat berjalan dengan optimal.

"Manfaat keberadaan Polsek dan Polsubsektor adalah dalam rangka menjaga dan menyelesaikan segala permasalahan sosial yang ada di Masyarakat," ucap Irwasum.

Jendral bintang tiga ini memaparkan, bahwa sinergi bersama unsur TNI, Pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan Tokoh Agama, bersama-sama memelihara keamanan dan ketertiban, agar mampu menghadapi segala dinamika sosial yang ada di masyarakat.

"Polri secara optimal melaksanakan tugas-tugas Kepolisian yang bersifat Pre-emtif, Preventif dan penegakan hukum, sehingga keberadaan gedung Mapolsek dan fasilitas Penunjang yang semakin baik ini harus disertai dengan peningkatan pelayanan Kepolisian secara profesional, sehingga keberadaan polsek ini dapat benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujar Irwasum.

Irwasum juga menghimbau masyarakat, saat ini covid-19 belum benar-benar hilang, kiranya masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku saat ini, sehingga perekonomian masyarakat bisa pulih Kembali.

"Masyarakat harus terus dihimbau Untuk melakukan vaksinasi secara Lengkap baik dosis 1, dosis 2 termasuk Vaksin booster atau dosis 3 untuk Mencegah penularan covid-19 dan kita Harus tetap disiplin menerapkan Protokol kesehatan secara ketat," imbuhnya.

Dalam kunjungannya ke Polres Natuna, Irwasum didampingi oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Dr. Aris Budiman, M.Si, Wakapolda Brigjen Pol Drs. Rudi Pranoto dan Analis Kebijakan Utama Bidang Jemen Ops Itwasum Polri Brigjen Pol. Drs. Leonidas, PJU Polda Kepri, Bupati Natuna Wan Siwandi, Sos, M.Si, dan Kapolres Natuna AKBP Iwan Ariyandhy, SIK, M.H serta jajaran Forkopimda Natuna.

Editor: Dardani