Woodball Sumbangkan 1 Emas, 2 Perak dan 1 Perunggu untuk Natuna
Oleh : Kalit
Minggu | 02-12-2018 | 10:32 WIB
woodball_natuna.jpg
Pemerintah Kabupaten Natuna mendapatkan bantuan tongkat pemukul dan bola Woodball dari KONI Kepri (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Woodball, salah satu cabang olah raga (cabor) baru yang dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri IV Tahun 2018 di Tanjungpinang berhasil menyumbangkan empat medali untuk kontingan Kabupaten Natuna. Medali itu adalah satu medali emas, dua perak dan satu perunggu.

Woodball adalah olahraga yang mirip dengan golf diciptakan oleh Mr. Ming Hui Weng dari Taiwan. Federasi Woodball Internasional sendiri berbasis di Taipei, Taiwan dan olahraga ini masuk program Asian Beach Games. Woodball sendiri masih tergolong baru di Indonesia. Hal ini disebabkan olahraga ini baru mendunia pada 2006 lalu, sedangkan di Indonesia olahraga ini baru populer pada 2007.

Cara memainkan permainan ini adalah bola woodball dipukul dengan menggunakan satu tongkat pemukul yang disebut mallet. Bola woodball dan mallet terbuat dari kayu. Olahraga woodball dapat dimainkan di dua jenis permukaan lapangan, yaitu rumput serta pasir. Aturan dari permainan ini cukup simpel.

Pemain akan bermain di 24 fairway (istilah lapangan dalam woodball). Pemenang dari permainan ini adalah pemain yang dapat melakukan stroke (istilah memukul bola dalam woodball) paling sedikit. Dalam penghitungan stroke, bola akan dihitung satu kali stroke apabila telah memasuki gawang. Apabila belum masuk, maka pemain diperbolehkan untuk memukul bola hingga masuk ke dalam gawang.

Untuk bermain woodball, diperlukan lapangan yang memiliki panjang kurang lebih 30-150 meter. Untuk dapat melakukan melakukan permainan ini, seorang pemain membutuhkan malet (stik khusus untuk permainan woodball) dan bola berdiameter 3 perempat inchi yang terbuat dari kayu.

Di Kabupaten Natuna, Woodball di Ketua Pengurus Daerah Woodball Kabupaten Natuna Ngesti Yuni Suprapti yang juga Wakil Bupati Natuna. Kendati ebagai olahraga baru, woodball telah menyumbangkan satu medali emas, dua perak dan satu medali perunggu dalam keikustertaan di Porprov Kepri IV Tahun 2018 ini .

Saat acara ramah tamah dan silaturahmi kepada seluruh atlet Porprov Kepri IV tahun 2018 di Gedung Daerah Kepri pada Sabtu (1/12/2018), Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dam KONI Kepri memberikan tongkat pemukul dan bola woodball kepada Pemerntah Natuna.

Pemberian tongkal pemukul dam bola woodball itu diserahkan langsung oleh Ketua KONI Keri John Kennedy Aritonang didampingi Gubernur Kepri Nurdin Basurun kepada Kepala Dinas Pendidikan Natuna,Suherman

Dalam silahturahmi dengan Gubernur Kepri ini juga diikuti oleh para petinggi KONI Natuna, para atlet dan official cabor lainya.

Editor: Surya